Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan Gusti Nur Aina mengatakan, pembangunan desa dan kelurahan harus terus disemangati agar terus mencapai perkembangan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

"Pembangunan desa dan kelurahan harus terus disemangati untuk mencapai perkembangan yang terus membaik," katanya pada Penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana, Barito Kuala.

Lomba desa dan kelurahan Provinsi Kalsel Tahun 2017 ini Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana terpilih mewakili Batola. Desa yang dikenal dengan Kampung Inggris Transmigrasi ini  memenuhi kriteria dan persyaratan.

Dijelaskan dia, lomba desa dan kelurahan pada hakikatnya salah satu alat perekat kerukunan masyarakat melalui partisipasi, kerja sama, dan kemandirinan masyarakat dalam membangun desa dan kelurahan.

Selai itu, sebut dia, agar kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan politik dapat meningkat di samping terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Dikatakan dia, pembangunan desa dan kelurahan harus dilakukan secara terpadu dan menyeluruh, baik pembangunan fisik maupun pembangunan masyarakat dan pemerintahan.

Lebih lanjut dia mengatakan, di tengah tuntutan demokrasi dan keterbukaan, hendaknya penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan senantiasa tanggap terhadap setiap aspirasi masyarakat agar setiap kebijakan yang dihasilkan dapat benar-benar dilandasi demokrasi, sesuai kebutuhan masyarakat.

Demikian pula dalam proses pembangunan di desa dan kelurahan para kades dan lurah diharapkan dapat mendorong peningkatan partisipasi masyarakat.

Sebelumnya, Bupati Batola H Hasanuddin Murad melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Dahlan mengucapkan terima kasih dan selamat atas kunjungan tim penilai dan rombongan untuk melakukan penilaian terhadap Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana yang terpilih mewakili Batola.

Bupati berharap, kedatangan tim kian memacu semangat para aparatur bersama seluruh komponen warga untuk terus berbenah melakukan perbaikan serta meningkatkan kualitas, baik dari segi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa maupun peningkatan peran dan partisipasi seluruh warga dalam mendukung tercapainya percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terhadap masyarakat Desa Karang Indah, bupati berharap, agar menjadikan perlombaan desa sebagai momen untuk lebih melihat sisi-sisi yang masih perlu perbaikan dan pembenahan. Apapun hasil penilaian hendaknya dijadikan sebagai acuan pemacu untuk berusaha ke arah lebih baik.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017