Rantau, (Antaranews Kalsel) - Kepulan asap yang berasal dari ruangan Kepala Bagian Umum Kantor Bupati Tapin membuat pegawai seisi ruangan kocar kacil untuk menyelamatkan diri tak terkecuali Wakil Bupati Tapin H Sufian Noor yang saat itu berada di ruang kerjanya, Rabu (26/4).

Peristiwa yang terjadi saat seluruh pegawai sibuk dengan pekerjaannya, sekitar  pada pukul 10.00 Wita, membuat sirene kantor Pemkab Tapin tersebut berbunyi dengan nyaring.

Bunyi sirine peringatan tersebut, membuat seluruh pegawai berlari  keluar dan berkumpul diruang terbuka atau titik aman.

Beberapa orang yang melihat kepulan asap tersebut dari luar pun segera membunyikan tiang listrik yang menandakan informasi kondisi darurat.

Bunyi pukulan tersebut, membuat pemadam kebakaran langsung berdatangan  ke lokasi titik api tersebut.

Terlihat beberapa orang terperangkap di lantai dua, sehingga tim penyelamatpun harus memecahkan kaca jendela untuk segera menyelamatkan beberapa pegawai yang tidak sempat keluar.

Adegan tersebut adalah simulasi terjadinya becana dalam rangka  memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dilaksnakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin.

Kepala BPBD Tapin H Nordin mengatakan,  simulasi bencana ini untuk mengajak seluruh masyarakat akan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana darurat, sehingga mereka tau apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana tersebut.

Wakil Bupati berharap dengan adanya simulasi ini akan menyadarkan akan tugas masing-masing, sperti Polisi dan Dinas Perhubungan yang bertugas mengamankan jalur perjalanan menuju lokasi kejadian sehingga mobil BPK bisa melaju tanpa ada halangan.

"Yang paling utama para petugas  dapat menjaga keselamatan diri pada saat bertugas khususnya para penyelamat, yang mana penyelamat harus mempunyai naluri untuk dapat juga menyelamatkan diri sehingga tidak terjadi human error," ujarnya.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017