Amuntai, (Antaranews.Kalsel)- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan akan meluncurkan sistem informasi pintar atau 'Sintar" pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten HSU ke 56 pada 2 Mei.


Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) HSU, Hamdani AR di Amuntai, Kamis mengatakan, Sintar HSU merupakan aplikasi bagi pengguna ponsel android yang berisi data-data dan informasi mengenai Kabupaten HSU.

"Kita membuat aplikasi Sintar HSU ini dengan pertimbangan bahwa tidak semua Informasi yang disampaikan Dinas Kominfo bisa menjangkau seluruh masyarakat, sehingga kita menyebarkan informasi yang bisa diakses lewat ponsel android karena berdasarkan data BPS sekitar persen penduduk HSU mengakses internet melalui ponsel," ujar Hamdani.

Hamdani mengatakan, Sintar HSU berguna bagi masyarakat yang ingin mengetahui data-data statistik HSU, mencari lokasi tertentu di Wilayah HSU yang ingin di tuju serta mengetahui event yang sedang berlangsung di HSU.

Sementara ini, terang Hamdani, Aplikasi Sintar HSU berisi menu mengenai HSU dalam angka, direktori, HSU Terkini, Call Center, link Website HSU serta beberapa media sosial akun HSU berupa Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

Melalui menu direktori, lanjutnya, masyarakat bisa pula mengetahui data mengenai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti alamat dan nomor telepon bertujuan untuk membantu pemasaran UKM di HSU.

"Aplikasi Sintar HSU ini masih terus  kami kembangkan, jadi konten aplikasi didalamnya masih bisa bertambah sesuai kebutuhan," pungkasnya.

Meski aplikasi pintar ini sudah bisa di download melalui playstore dijaringan internet, namun untuk peresmiannya pihak Diskominfo berencana melauching aplikasi pintar ini pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten HSU ke 56 pada 2 Mei mendatang. 


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017