Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalimantan Selatan yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa.

Menusung tema 'Mempercepat Pembangunan Ekonomi Regional Kalimantan Didukung Infrastruktur yang Memadai' Musrenbang yang menjadi agenda tahunan ini sangat penting demi kemajuan perekonomian Kalimantan khususnya Kotabaru.

Bupati menandaskan, Musrenbang tahun ini, dibahas strategis dan usulan pembangunan regional Kalimantan, meliputi konektivitas, kedaulatan energi, kedaulatan pangan, kemaritiman dan kawasan perbatasan, industri dan pariwisata, serta sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Selain itu, juga dibahas tentang skema kemitraan yang bisa dijalin pemerintah yaitu skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha).

Seperti halnya pembangunan Rumah Sakit Pendidikan oleh sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dengan dalih terlalu lama menunggu anggaran dari kementerian terkait, maka PTN tersebut memakai jalur KPBU.

Mengemuka dalam Musrenbang, hal seperti tersebut bisa juga dilaksanakan oleh Regional Kalimantan, karena bagaimana pun anggaran pasti terbatas. Sedangkan kebutuhan pembangunan tidak ada batasnya, sehingga perlu ada alternatif.

Pada bagian lain, Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 menyebutkan KPBU merupakan kerjasama antara pemerintah dan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah/Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah, yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya badan usaha dengan memperhatikan pembagian resiko diantara para pihak.

Dalam Perpres ini diatur jelas jenis infrastruktur yang dapat dibangun lewat sistem KPBU antara lain infrastruktur jalan, transportasi, irigasi, air minum, pengelolaan air limbah, ketenagalistrikan, fasilitas perkotaan, fasilitas pendidikan, dan infrastruktur pariwisata.


Pewarta: Humas/Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017