Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Hj Siti Rusmadiah resmi dilantik menjadi ketua Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Hulu Sungai periode 2013-2018 oleh ketua IBI Provinsi Kalsel Tut Barkinah yang tempat di Gedung Juang Barabai, rabu (19/4).


ketua IBI Provinsi Kalsel, Tut Barkinah, menyampaiakan sesuai kewenangannya Ketua terpilih dan Pengurus harian IBI diberikan rekomendasi untuk menyusun kepengurusan dengan batas waktu selama sebulan.

"Dalam peraturan di IBI tidak ada periode yang ditunda, karena di HST sempat vakum pada periode 2008-2013 dengan tidak dilaksanakannya Musyawarah Cabang pada tahun 2013, maka otomatis sisa kepengurusan selama satu tahun ini harus dimaksimalkan," katanya.

Lebih lanjut, Dia menegaskan kepada seluruh bidan bahwa pelayanan berkualitas merupakan harga mati oleh sebab itu tidak boleh lagi melakukan pelayanan yang coba-coba, harus sesuai SOP bidan serta menjadi  garda terdepan melakukan pertolongan kepada ibu melahirkan dan bayinya.

"Sesuai dengan Undang-Undang nomor 36 tahun 2014 menyatakan bahwa pendidikan tenaga kesehatan minimal Diploma tiga, apabila masih ada bidan-bidan kami yang masih Diploma satu, kami mohon izin kepada Kepala Daerah untuk melanjutkan pendidikan profesi," katanya.

Wakil Bupati HST H A Chairansyah, dalam sambutannya juga mengungkapkan, peran bidan selama ini ikut andil dalam pembangunan di bidang kesehatan khususnya menekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan.

"Hal tersebut selarah dengan misi pembangunan kabupaten HST dalam peningkatan kualitas SDM yang meliputi bidang kesehatan, oleh sebab itu ke depan kita telah memprogramkan satu desa satu bidan, agar wilayah-wilayah terjauh khususnya masyarakat di daerah pegunungan mendapatkan pelayanan yang sama," katanya.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK HST Hj Ernawati dan Pengurus IBI se Banua Anam karena dirangkai dengan kegiatan seminar dengan tema penguatan profesi bidan untuk kesejahteraan ibu dan anak.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017