Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) secara resmi  membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017 yang bertempat di Lapangan sepak bola Desa Bulayak, Kecamatan Hantakan, rabu (5/4).

Komandan Kodim (Dandim) 1002 Barabai, Letkol Inf Dodit Hery Setiawan, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan TMMD dilaksanakan sampai tanggal empat Mei mendatang yang bertempat di desa Pasting kecamatan Hantakan dengan jumlah personel sebanyak 150 orang.

"Tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten HST guna memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dengan kegiatan fisik pelebaran dan pengerasan jalan tembus dari Desa Pasting Kecamatan Hantakan sampai ke Desa Mangunang Kecamatan Haruyan dengan panjang 3.100 meter dan lebar empat meter," katanya.

Dia juga menerangkan, kegiatan lainnya adalah rehab dua buah jembatan, rehab masjid dan moshalla serta perbaikan dua buah rumah layak huni.

"Kegiatan nonfisik yang kami lakukan yaitu penyuluhan pertanian, bela Negara, bahaya narkoba, ceramah agama, penyuluhan KB dan kesehatan keliling dan kampanye militer tentang penerimaan prajurit putra," terangnya.

Sedangkan untuk pembukaan, menurutnya juga digelar donor darah, Sunatan massal gratis, pengobatan gratis, pasar murah dan panggung hiburan rakyat. “Kami juga memberikan paket sembako kepada warga miskin, lima buah Al Quran, satu buah Al kitab Injil untuk gereja, dan lima buah bola kaki kepada pemuda-pemuda di kecamatan Hantakan,” katanya.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan TMMD ini sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan di desa-desa di wilayah terpencil.

"Kepada masyarakat desa Pasting, saya berharap agar dapat memanfaatkan kegiatan TMMD sebagai sarana gotong royong dan dapat bertanggungjawab dalam pemeliharaan sarana dan prasarana yang akan dibangun agar terus bermanfaat," ujarnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017