Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan 20 armada angkutan yang melayani pelajar tanpa dipungut biaya atau gratis melintasi sejumlah sekolah sesuai rute yang ditetapkan.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Kamis, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan armada angkutan yakni mobil dinas yang ditempeli stiker khusus menandakan angkutan pelajar.

"Kami sudah menyiapkan armada angkutan bagi pelajar dengan mengubah mobil dinas jenis Carry yang ditempeli stiker sehingga pelajar dan masyarakat tahu keberadaannya," ujar Wali Kota.

Ia mengatakan penyediaan angkutan pelajar gratis dilakukan untuk membantu orang tua sehingga tidak perlu repot mengantar anaknya ke sekolah setiap pagi maupun siang hari pulang sekolah.

Selain itu, mencegah agar anak-anak tidak menggunakan kendaraan pribadi saat kesekolah karena membahayakan keselamatan jiwanya maupun pengguna jalan lain.

"Kami ingin membantu para orang tua di samping memberikan keselamatan dan keamanan bagi pelajar sehingga mereka tidak lagi mengemudikan kendaraan roda dua," ungkapnya.

Menurut dia, operasional 20 armada angkutan pelajar gratis direncanakan resmi diluncurkan bertepatan peringatan hari jadi ke-18 Kota Banjarbaru pada 20 April 2017.

"Armadanya sudah disiapkan dan direncanakan awal April sudah diuji coba melintasi rute atau trayek yang telah ditetapkan melayani pelajar yang lokasi sekolahnya dilintasi armada," ujarnya.

Dikatakannya, tahap awal ada delapan rute atau trayek yang dilalui armada dengan jumlah sekolah yang dilintasi sebanyak 18 sekolah dan diharapkan seluruh siswa bisa terangkut.

Seluruh armada hanya boleh mengangkut pelajar mulai pukul 06.30 Wita sebelum jam masuk sekolah dan beroperasi saat pulang sekolah mulai pukul 14.00 Wita.

"Tahap awal delapan trayek dengan jalur melintasi 18 sekolah dan pengemudi hanya boleh mengangkut pelajar pagi hari sebelum masuk sekolah dan saat pulang sekolah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017