Barabai, (Antaranews Kalsel) - Dalam rangka meningkatkan minat baca pada anak-anak, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan lomba bercerita tingkat SD Sederajat sekabupaten HST di Gedung Murakata Barabai, Rabu (29/3).

Kepala Dinas Perpusda, Mardiono, menyampaikan, tujuan lomba tersebut selain untuk meningkatkan minat baca, juga bermanfaat meningkatkan daya berpikir anak dengan mengingat dan menghapal apa yang dibacanya, dan membiasakan diri untuk bercerita di depan banyak orang.

"Dengan menbaca dan bercerita bisa merubah segalanya dan juga mereka bisa menyampaikan kembali buku yang sudah dibacanya di depan umum. Ini sangat bagus melatih rasa percaya diri dan keberanian siswa serta bagi yang juara pertama akan dikirim ketingkat provinsi Kalimantan Selatan mewakili HST,"katanya.

Ketua  Pelaksana, Suhaidi, juga menyampaikan, para pesera berjumlah delapan siswa dari berbagai sekolah baik SD maupun MI se-HST, adapun cerita yang dibawakan harus dari buku sejarah daerah atau cerita legenda dari HST, serta cerita lainnya.

"Hadiah untuk juara pertama adalah uang tunai Rp 1.250.000, juara 2 Rp 1 juta, juara 3 Rp 750 ribu, juara 4 Rp 500 ribu dan juara 5 senilai Rp 250 ribu serta masing-masing mendapatkan trofy piala penghargaan,"ujarnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, dari penilaian juri, akhirnya juara 1 dimenangkan oleh  Annisa Karimah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 HST dengan membawakan cerita legenda gunung Batu Benawa. "Juara 2 dari SDN Hantakan, juara 3 dan 4 dari SDN Barabai Timur  dan juara 5 dari SDN Al-Khair Barabai,"katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017