Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Demikian penegasan Bupati HST H Abdul Latif kepada Kepala Sekolah yang ada di HST terkait salah satu tugas dan fungsi kepala sekolah, dimana dirinya berharap agar para kepala sekolah ini dapat berinovasi dalam menjaring calon siswa untuk dapat bersekolah di sekolah yang dipimpinnya.(17/03).


Menurutnya, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Pengawas Sekolah juga dapat membantu salah satu tugas kepala sekolah ini, agar pemerataan pendidikan di seluruh wilayah HST dapat terlaksana dengan baik .

"Memang disadari, bahwa Kabupaten HST yang bernuansa religius membuat masyarakat bebas memilihkan anak-anaknya untuk bersekolah di bawah Dinas Pendidikan atau Kementrian Agama, apalagi saat ini di HST sudah menjamur sekolah swasta dan berbasis agama, namun hal itu tidak mempengaruhi, yang penting anak-anak di HST mau bersekolah dan mendapatkan pendidikan,"ujarnya.

Dia menambahkan, Permasalahannya adalah agar para Kepala Sekolah ini dapat benar-benar bertanggung jawab terhadap jumlah murid yang ada di sekolahnya dibantu para Pengawas dan UPT Dinas Pendidikan, sehingga sekolah itu tidak ditemukan lagi jumlah siswanya yang setiap tahun menurun dan lebih banyak gurunya daripada murid.

"Misalkan ada salah satu sekolah yang jumlah siswanya hanya 5 sampai 10 orang dalam 1 kelas, lebih baik kepala sekolahnya segera melaporkan bukan malah didiamkan, sehingga sekolah tersebut dapat digabung dengan sekolah terdekat yang akhirnya juga akan sangat efisiensi dalam anggaran,"tambahnya.

Selain itu, dia berharap agar kepala sekolah dapat berkoordinasi dengan Kepala Desa/Pembakal, Lurah, Camat dan masyarakat di wilayahnya, sehingga permasalahan  penjaringan pendaftaran calon siswa baru dapat benar-benar terkoneksi dengan baik, yang akhirnya solusi akan didapatkan.

"Intinya di masa kepemimpinan kami ini, Pelayanan Pendidikan dapat merata di seluruh Kabupaten HST,"ungkapnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017