Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala, kembali menggelar penilaian Puskesmas Berprestasi tahun 2017, Jumat (17/3).

"Pada tahun 2017 ini terdapat tiga dari enam usulan Puskesmas yang dinilai tim dan memenuhi kriteria yakni, Puskesmas Marabahan, Mekarsari, dan Anjir Muara," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Batola H Asy’ari, di Marabahan.

Selain Puskesmas, sebut dia, tim juga menilai tenaga kesehatan teladan dengan berbagai kategori profesi di tiga Puskesmas seperti,  dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, dan tenaga farmasi.

Dari penilaian yang dilakukan tim tersebut, menurut dia,  akan diambil satu yang terbaik mewakili Batola pada penilaian Puskesmas Berprestasi dan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Kalse.

"Tim yang melakukan penilaian di Puskesmas Marabahan terdiri dari Dinas Kesehatan, Setda, dan masing-masing ketua profesi," ucapnya.

Dijelaskannya,  Puskesmas Marabahan  dinilai layak dilakukan penilaiaan karena satu-satunya yang berakreditasi madya di Batola dan  melaksanakan kegiatan yang memenuhi kriteria.

Lebih lanjut dia mengemukakan, kegiatan penilaian dilaksanakan sebagai salah satu upaya memotivasi sekaligus melakukan pembinaan sehingga kinerja dan pemberian pelayanan kesehatan dapat meningkat.

"Tujuan umum dilaksanakannya kegiatan ini untuk memacu kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas," terangnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Marabahan Alfitri menyatakan kesiapannya dalam menghadapi penilaian tim,  mengingat kegiatan dan pelayanan yang dilaksanakan selama ini dirasakannya cukup memenuhi kriteria.

"Nanti kita akan tampilkan profil dan beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti siaran radio dan pelayanan haji," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk kesehatan lingkungan juga ditampilkan kegiatan sanitasi sepanjang Sungai Barito dalam mengatasi MCK.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017