Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan bersiap menghelat kegiatan berdongeng akbar dengan mengundang ribuan anak usia dini dan sekolah dasar dengan menghadirkan figur pendongeng anak dari Yogjakarta, Bambang Bimo Suryono atau Kak Bimo.


Pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpustarda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Lailatanur Raudah di Amuntai, Selasa mengatakan, pihaknya sengaja menggelar secara akbar kegiatan mendongeng dengan tajuk "Amuntai Berdongeng" pada 14 Maret mendatang dengan menghadir Kak Bimo untuk memotivasi orang tua dan anak mencintai aktivitas berdongeng sebagai media pembelajaran dan membentuk karakter anak kearah yang positif.


"Saat ini sudah sangat langka orang tua yang suka mendongengkan untuk anak-anak, apalagi orang tua dan anak lebih asyik memainkan handphone atau gadget," ujar Lailatanur.

Lailatanur mengatakan, orang tua perlu belajar cara mendongeng sehingga memotivasi anak gemar membaca buku. Cerita dongeng dianggap lebih mampu menarik perhatian anak untuk gemar membaca buku.

awalnya, kata Lailatanur, anak menyukai buku cerita namun kebiasaan tersebut menjadi awal bagi anak gemar membaca buku lainnya yang berisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan informasi mengenai berbagai hal.

Kehadiran Kak Bimo diacara Amuntai berdongeng diharapkan bisa juga memotivasi para orang tua untuk mulai belajar cara mendongeng sebagai media yang cukup efektif memberikan pembelajaran dan membentuk karakter anak.

Dikatakannya, selain menggelar kegiatan mendongeng bagi anak-anak, Kehadiran Kak Bimo dijadwalkan juga menjadi narasumber 'workshop' mengenai pendidikan anak di Aula Banua Kita Amuntai.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017