Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, memberi kartu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kepada ratusan tenaga kontrak kebersihan atau sering disebut dengan pasukan kuning, Senin (6/3).

Bupati Balangan, H Ansharuddin melalui Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan, Ir Rasman, mengatakan pemberian kartu BPJS merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pemerintah kepada tenaga kontrak kebersihan yang biasa disebut "pasukan kuning". 

Bupati berharap melalui perhatian tersebut, kedepan para tenaga kontrak akan bisa meningkatkan kinerja, menjaga kebersihan dari lingkungan tempat kerjanya tanpa mengkhawatirkan mengenai biaya kesehatannya.

"Yang lebih utama dari pekerjaan itu adalah sehat dan terjaga keselamatan kerjanya, sehingga paling tidak ibu bapak terlindungi di saat bekerja," jelasnya.

Kepala Dinas Kebersihan Balangan Ir H Karim Suadi mengatakan pemberian kartu kepesertaan BPJS dimaksudkan untuk membantu tenaga kontrak kebersihan (pasukan kuning, red) agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya khususnya kesehatan. 

Menurutnya, jumlah penerimaan untuk kartu BPJS sebanyak 138 orang. "138 orang itu petugas tenaga kebersihannya kalau ditambah dengan keluarganya, berkisaran 190 an orang," ungkapnya.

Diakuinya, sejak awal tahun anggaran 2017 tadi tenaga kontrak kebersihan atau pasukan kuning mengalami peningkatan pendapatan, ini sesuai perintah Bupati guna untuk memberikan dan meningkatkan kesejahteraannya.

"Jadi kenaikan honor mereka itu salah satunya untuk menutupi bayar iuaran BPJS Kesehatan," Ujar Karim.

Ditambahkannya, saat ini mereka baru diberikan kartu BPJS Kesehatan, rencananya kedepan mereka petugas kebersihan "Pasukan Kuning" juga diberikan atau akan menerima BPJS Ketenagakerjaan sehingga segala resiko pada saat bekerja lebih terjamin, imbuhnya. 

Bertempat di Aula Benteng Tundakan kantor bupati, atas nama Bupati Balangan, Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan Ir Rasman secara simbolis menyerahkan kartu BPJS Kesehatan kepada petugas kebersihan yang biasa disebut "pasukan kuning" dengan disaksikan Kadis Kebersihan Ir Karim Suadi, perwakilan BPJS Paringin dan Perwakilan dari Dinas Kebersihan Kalsel.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017