Batulicin (Antaranews Kalsel) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mulai menerapkan program e-Planning dalam melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk memudahkan dan mempercepat usulan pembangunan sampai pada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah, di Batulicin, Selasa, mengatakan Musrenbang dilaksanakan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu sebagai upaya menyerap aspirasi/usulan masyarakat untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah periode 2018.

"Berbeda dengan pelaksanaan Musrenbang sebelumnya. Mulai 2017 Musrenbang dilaksanakan dengan pola dan sistem yang berbasis jaringan internet atau cara online," katanya.

Bappeda sudah mencoba menghimpun semua usulan atau masukan dari desa melalui jaringan internet dengan program e-planning yang aplikasinya sudah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan Musrenbang dengan pola elektrinik ke depan mencakup masukan dan usulan dari masyarakat agar diterima dengan mudah dan cepat.

Agar usulan atau data yang dikirim oleh desa, melalui jaringan internet akan cepat diketahui langsung oleh SOPD terkait.

Jadwal pelaksanaan Musrenbang kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu telah diatur sesuai jadwal, dan sudah diedarkan ke seluruh kecamatan di "Bumi Bersujud".

Pelaksanaan Musrenbang kali ini dilakukan beberapa tahap, tahap pertama di Kecamatan Satui, Angsana dan Sungai Loban.

Tahap dua di Kecamatan Kusan Hilir, Batulicin dan Simpang Empat. Dan tahap tiga di Kecamatan Kusan Hulu dan Kuranji. Sedangkan tahap empat di Kecamatan Mentewe dan Karang Bintang

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017