Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Para Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), stap pembantu penyusun laporan keuangan dan bendaharawan barang di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan  diberikan Bimbingan Teknis Jurnal Akuntansi Keuangan untuk Laporan Keuangan Berbasis Simda Keuangan.



Kegiatan dibuka Bupati Batola diwakili Asisten Bidang Pembangunan M Anthony tersebut  menghadirkan narasumber dari Tim BPKP Perwakilan Kalsel serta fasilitator/pendamping dari BPKAD Batola.

Bimbingan Teknis tersebut  berlangsung di Aula Bahalap Kantor Bupati Batola selama tiga hari, Selasa – Kamis dari  tanggal 21 sampai 23 Pebruari 2017.

“Tujuan dari kegiatan ini memberikan pemahaman bagi peserta dalam melakukan entry jurnal akuntansi pada Simda Keuangan bagi peserta dalam menyusun laporan keuangan akhir tahun,” ujar Asisten Bidang Pembangunan Setdakab Batola M Anthony, di Marabahan, Selasa (21/2).

 Sehingga, menurut dia, penyususnan laporan keuangan tahun 2016 dapat disusun berbasis Simda Keuangan dan di tahun berikutnya penyusunan dapat dilakukan lebih cepat dan berkesinambungan.
Bupati Batola H Hasanuddin Murad melalui Asisten Bidang Pembangunan M Anthony mengapresiasi atas diselenggaranya Bimtek tersebut.

Ia memandang,  kegiatan itu sangat penting untuk menambah pemahaman dan keterampilan para aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Batola, khususnya para pejabat, termasuk jajaran staf dan bendahara barang  telah dipercayakan untuk mengelola dan menyusun laporan keuangan akhir tahun di SOPD masing-masing.

Untuk itu, sebut dia, kepada seluruh peserta Bimtek pihaknya minta agar benar-benar memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

Sehingga, harap dia, melalui kegiatan Bintek semakin meningkatkan kualitas sumber daya aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Batola, sekaligus semakin meningkatkan kualitas penyusunan laporan keuangan akhir tahun Pemkab Batola dari tahun ke tahun.

Bupati juga mengharapkan, dengan Bimtek dapat bermanfaat dan  memberikan daya dorong sekaligus daya dukung  terhadap upaya bersama dalam rangka untuk mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari hasil pemeriksaan BPK-RI tahun 2016 lalu.


Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017