Batulicin, (Antaranewskalsel) - Sebanyak 800 mahasiswa semester akhir Institut Agama Islam (IAIN) Antasari Banjarmasin akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu, Suwignyo, di Batulicin, mengatakan mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin yang melaksanakan KKN diharapkan dapat membantu proses pelaksanaan kegiatan pembangunan di pemerintahan desa.

"Kami berharap dengan adanya mahasiswa yang melaksanakan KKN di wilayah Tanah Bumbu mampu memberikan kontribusi dan sumbangsih yang besar terhadap pelaksanaan pembangunan dan pemecahan permasalahan-permasalahan yang ada di desa," katanya.

Kegiatan KKN mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

Sebanyak 800 mahasiswa yang mengikuti KKN akan disebar keseluruh desa di beberapa kecamatan di wilayah Tanah Bumbu.

Mereka akan tinggal di rumah warga sehingga mereka mampu berbaur langsung dengan masyarakat desa dalam melaksanakan program KKN selama waktu dua bulan.

Sebelum melaksanakan KKN para mahasiswa IAIN Antasari diberikan pembekalan dan materi tentang gambaran wilayah di Tanah Bumbu tempat tujuan pelaksanaan KKN dan karakter masyarakat lokal.

Salah satu dosen IAIN Antasari yang juga pendamping mahasiswa KKN, Fahrani menambahkan, rencananya mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dijadwalkan akan berangkat menuju Tanah Bumbu pada 28 Februari 2017.

"Nantinya kami juga akan mengadakan acara seremonial penyerahan mahasiswa KKN secara langsung oleh Rektor IAIN Antasari kepada Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, dan kedepanya kami akan menjadi mkitra yang lebih baik dalam menjalin kerjasama antara pemerintah dengan Institut," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017