Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - "Si penyangat" dari bahasa Banjar yang berarti lebah tawon dijadikan maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalimantan Selatan di Kabupaten Tabalong, 9-16 September 2017.

"Sudah kita resmikan `Si Penyangat` menjadi maskot Porprov 2017," ujar Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Banjarmasin, Kamis.

Dipilihnya hewan lebah ini, kata dia, karena Tabalong merupakan salah satu daerah penghasil madu.

"Karena kebiasaan maskot olahraga itu dari hewan, makanya dipilih jenis hewan "Si Penyangat" ini, meskipun daerah kita ada yang paling dikenal itu buah langsat," tuturnya.

Menurut dia, ajang akbar olahraga yang mengundang banyak orang datang ke Tabalong harus dimanfaatkan dengan baik memperkenalkan segala produk ekonomi dan khas daerah lainnya.

"Kita sangat kometmen untuk sukseskan penyelenggaraan ini, sebab ini akan mengangkat nama baik daerah," paparnya.

Dia pun memastikan, penyelenggaraan Porprov X di tanah Kalsel yang berperbatasan dengan Kalimantan Timur (Kaltim) ini akan sesuai jadwal.

"Untuk pembangunan sarana berbagai cabang olahraga sebagian sudah selesai, dipastikan semua siap pada gelarnya nanti," ujarnya.

Dia pun menyatakan, pihaknya sudah mengusulkan kepemerintah provinsi penyelenggaraan Porprov ini pada 9-16 September 2017.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017