Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Kuala (Bakesbangpol Batola), Kalimantan Selatan Suyud Sugiono menegaskan, sesuai surat edaran Pj Bupati Batola seluruh aparatur sipil negara (ASN) setempat  harus netral sikapi pelaksanaan Pilkada 2024.

“ASN harus mampu memberikan contoh kepada masyarakat di sekitar lingkungan,  terutama kepada keluarga menggunakan hak pilih sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT)," ujar Suyud Sugiono, dalam siaran pers disampaikan, Selasa.

Baca juga: Bawaslu Kalsel utamakan pencegahan tekan pelanggaran masa kampanye

Sehingga, jelas dia,  meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur. 

"Netralitas ASN sangat penting digalakkan," tegasnya. 

Suyud menjelaskan, ASN tidak boleh terlibat dalam mendukung paslon bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur, namun disisi lain ASN memiliki hak untuk menggunakan hak pilihnya.

“Tugas Bakesbangpol adalah membina politik dalam negeri serta menjaga ketentraman dan ketertiban umum bersama-sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP)," terangnya.

Selain itu, ucap dia, memantau kewaspadaan dini daerah menghadapi situasi,  baik pemilihan kepala daerah, umum maupun dalam kondisi dan situasi normal.

Baca juga: Bawaslu Kalsel awasi ketat daerah pernah PSU pada Pilkada 2020

Lebih lanjut dia mengemukakan, tupoksi Bakesbangpol Batola sendiri terkait dengan menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada Tahun 2024.

Dia mengimbau, kepada ASN agar menggunakan hak pilihnya, menjaga ketentraman, ketertiban, sehingga situasi menjadi tenang juga memberikan pencerahan kepada masyarakat agar hadir ke tempat pemungutan suara pada tanggal 27 November 2024 mendatang. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024