Balangan, (Antaranews Kalsel) - Akun media sosial berupa Facebook (FB) dan Blackberry Massenger (BBM) warga di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, semakin sering terkena hack atau diretas orang tak dikenal.

Bukan hanya sekedar meretas, akun yang berpindah tangan tersebut menghubungi sejumlah orang yang berteman dengan akun tersebut untuk meminjam uang yang berjumlah jutaan rupiah.

Sebut saja akun FB Ali Fahmi, yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kemudian akun FB Eshar Supriadi, mantan Camat Batumandi, sekarang menjabat sebagai sekretaris di salah satu SKPD Balangan.

Selanjutnya akun FB Umar Bawi, salah satu ASN di Balangan, bahkan akun BBM Erna Apip, yang merupakan salah satu warga Kecamatan Paringin yang memiliki bisnis online.

Salah satu netizen yang dihubungi oleh akun yang diretas, Errick mengungkapkan, akun salah satu pejabat di lingkup Pemerintahan di Kabupaten Balangan tersebut meminta pinjaman sejumlah uang.

"Akun yang diretas oleh orang tak bertanggung jawab tersebut meminta sejumlah uang dengan cara menghubungi atau mengirimkan pesan ke akun yang memiliki pertemanan dengan akun yang diretas tersebut, dengan alasan meminjam uang untuk kebutuhan, dan akan segera dikembalikan lagi," jelasnya.

Bahkan lanjutnya, akun tersebut menggunakan bahasa daerah yang cukup lancar dalam upayanya melakukan penipuan, pungkasnya.

Tidak sedikit warga yang tertipu, namun tidak sedikit pula warga yang curiga dengan aktivitas akun tersebut yang berupaya meminjam uang.

Kemudian Ansar salah satu penggiat Medsos mengatakan, untuk keamanan akun, maka pengguna harus menyembunyikan data email yang tertera di FB, kemudian lakukan penghubungan dengan nomor handphone yang dipegang.

"Dengan menghubungkan dengan nomer Handphone milik kita, setiap aktivitas diluar persetujuan kita akan terdeteksi," jelasnya.

Hal terpenting adalah, jangan menambahkan teman yang tidak dikenal. Pilih teman dengan jumlah mutual friendnya lebih banyak.
 
Ganti password sesering mungkin usahakan setiap seminggu sekali dan buat password yang kuat dengan mencampurkan angka, huruf dan karakter spesial. Jangan pernah memberitahukan password kepada orang lain.
 
Jangan memberitahukan alamat email kepada orang lain, atau disebarluaskan ke internet. Setelah login pastikan logout dan Clear Recent History jika membuka FB di komputer umum.

Atur Info Profile seminim mungkin dan pada pengaturan privasi (http://www.facebook.com/privacy) buat semua settingannya agar hanya dapat dilihat teman saja (Only Friends) atau buat Customize khusus untuk alamat email anda (Only by Me) hanya dapat dilihat oleh anda sendiri.
 
Untuk BBM dan FB sendiri, jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi/game dan bergabung dengan group/pages yang tidak jelas, yang biasanya melakukan undangan secara acak.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017