Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menganugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) kepada empat petinggi TNI.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, empat petinggi TNI itu adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

Acara penganugerahan itu dipimpin oleh Kapolri Listyo Sigit dan digelar secara tertutup di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, mulai pukul 16.00 WIB.

Kapolri melalui Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa pemberian tanda kehormatan tersebut merupakan wujud komitmen kokohnya sinergitas TNI dan Polri yang sudah terjalin selama ini.

“Ini merupakan komitmen dari pimpinan Polri untuk terus meningkatkan dan menjaga sinergitas antara TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas-tugas yang selama ini, Alhamdulillah, sudah sangat baik dan akan terus ditingkatkan,” ucapnya.

Baca juga: Polri anugerakan Bintang Bhayangkara Utama ke Menhan Prabowo Subianto

Ia menyebut sinergitas antara dua institusi tersebut dibangun dalam rangka untuk terus menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlanjutan pembangunan untuk Indonesia Maju 2045.
 
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berfoto bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto usai menyematkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (4/10/2024). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/aa.


Diketahui, berbagai sinergitas TNI dan Polri telah terjalin dalam sejumlah hal, mulai dari pengamanan arus mudik, pengembangan pendidikan kedinasan, hingga keberhasilan pembebasan pilot Susi Air yang menjadi sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI atas sinergitas yang terbangun.

“Bapak Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan atas sinergitas yang terbangun selama ini dari mulai level terbawah dari tingkat Polsek kemudian tingkat Polda, kemudian tingkat Polres dan Kodim dan seluruh jajaran yang ada di wilayah dan juga di tingkat pusat yaitu Mabes Polri,” ucap Dedi menyampaikan pesan Kapolri.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia untuk menghormati jasa seseorang dalam memajukan dan mengembangkan Polri.

Dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan bahwa terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. Bintang Bhayangkara Utama adalah yang tertinggi, disusul dengan Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.

Baca juga: Kapolri anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada dua menteri
Baca juga: Kapolri anugerahi tujuh pejabat negara Bintang Bhayangkara Utama
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Laode Masrafi

Pewarta: Nadia Putri Rahmani

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024