Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat malam.


Tiga gol yang dicetak Indonesia lahir berkat kaki Jens Raven (13'), Riski Afrisal (15'), dan Muhamad Ragil (77'), sedangkan satu gol balasan Timor Leste tercipta melalui gol Luis Figo Riberio.

Pada pertandingan ini, Indra Sjafri melakukan satu perubahan pada sebelas pertamanya dengan mengganti Mufli Hidayat dengan Meshaal Hamzah.

Seperti pada laga melawan Maladewa U-20, Garuda Muda mendominasi pertandingan sejak peluit tanda dimulainya laga dibunyikan.

Namun, pada pertandingan ini ketajaman Indonesia tak seperti di laga pertama karena sudah dapat mencetak dua gol pada 45 menit pertama.

Jens Raven membuka gol Indonesia pada menit ke-13. Raven mendapatkan umpan tarik dari rekannya, tapi sepakan pertamanya mampu diselamatkan oleh kiper Timor Leste U-20, Pablo Macario.

Beruntung, Raven mendapatkan bola rebound hasil tepisan Macario dan pada kesempatan kedua, striker 18 tahun itu tak menyi-nyiakan kesempatan tersebut. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Dua menit berselang, Indonesia menambah keunggulannya. Melalui skema yang sama, kali ini Riski Afrisal tanpa ampun membuat Macario memungut bola dari gawangnya untuk kedua kalinya. Skor berubah menjadi 2-0.

Pada menit ke-33, Timor Leste memiliki peluang emas untuk memperkecil kedudukan. Namun, tendangan Luis Figo yang tinggal berhadapan dengan kiper Indonesia, Ikram Algiffari masih menyamping tipis. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Baca juga: Babak pertama : Indonesia U-20 atasi Timor Leste usai unggul 2-0

Memasuki babak kedua, Timor Leste dengan serangan-serangan cepatnya kembali hampir mencetak gol melalui Figo pada menit ke-54. Kali ini, tendangan pemain nomor 7 itu digagalkan oleh Ikram.

Satu menit kemudian, Indonesia membalas peluang Timor Leste melalui kaki pemain pengganti Figo Dennis. Namun, tendangannya masih lemah sehingga mudah diamankan oleh Macario.

Pada menit ke-66, gol yang ditunggu Timor Leste akhirnya tercipta. Kali ini, Figo tak mengulangi kesalahannya setelah tendangan kaki kananya berhasil merobek gawang Ikram. Skor berubah menjadi 1-2.

Timor Leste bermain semakin percaya diri. Empat menit kemudian, mereka hampir menyamakan kedudukan melalui peluang Alexandro Bahkito Lemos. Namun, sayangnya masih melebar.

Pada menit ke-72, giliran Indonesia yang mendapatkan peluang emas melalui sepakan keras Figo. Tendangan Figo membuat Macario mati kutu. Namun, sayangnya masih membentur mistar gawang.

Gol ketiga yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta pada menit ke-77. Melalui skema yang cantik, pemain pengganti Muhamad Ragil mencatatkan namanya ke papan skor setelah memanfaatkan umpan sang kapten Dony Tri Pamungkas.

Setelah gol itu, Indonesia mengontrol penuh jalannya pertandingan. Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir laga. Indonesia pun menang 3-1 dari Timor Leste.

Pada laga terakhir, Timor Leste akan bertemu Maladewa pada Minggu (29/9) pukul 15.00 WIB, sedangkan Indonesia akan melawan Yaman untuk menentukan pemuncak grup pada hari yang sama pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Klasemen kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Indonesia di puncak

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-20: Ikram Algiffari, Kadek Arel Priyatna, Alfharezzi Buffon, Meshaal Hamzah, Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas, Aditya Warman, Toni Firmansyah, Arlyansyah Abdulmanan, Riski Afrisal, Jens Raven.
Pelatih: Indra Sjafri.

Timor Leste U-20: Pablo Macario, Joaozinho Cristiano Amaral, Ricardo Rorinha Bianco, Aureo Viera Costa, Palomito Antonio, Luis Berdila Da Silva, Luis Figo Riberio, Marques De Carvalho, Alexandro Bahkito Lemos, Emidio Martins Braz, Leonio Quilton.
Pelatih: Gopal Krishnan.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono




 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024