Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan masuk daftar 25 kota terbaik secara nasional untuk nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,96 atau meningkatkan dari 2,36 pada 2023.

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banjarmasin pun menerima penghargaan Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta, Kamis.

Baca juga: BPS: UTL meningkat 207,08 persen di Kalimantan Selatan

“Alhamdulillah, tahun ini Banjarmasin masuk ke dalam 25 kota dengan nilai indeks statistik yang baik, meningkat dari 2,36 pada tahun lalu menjadi 2,96. Ini adalah langkah besar bagi kita," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika saat konfirmasi di Banjarmasin, Kamis.

Diskominfo Kota Banjarmasin menerima penghargaan saat acara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 yang mengusung tema Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas.

"Namun, kita perlu pembenahan agar mencapai nilai sempurna 5 pada masa depan," ucap Windiasti.

Meski telah mencatatkan prestasi yang cukup baik, Windiasti menekankan Pemkot Banjarmasin tidak berpuas diri. 

"Indeks Pembangunan Statistik adalah salah satu indikator penting dalam penilaian Reformasi Birokrasi (RB) yang dilakukan oleh Kementerian PAN-RB. Oleh karena itu, tugas kami selanjutnya adalah meningkatkan nilai ini melalui evaluasi statistik sektoral yang ada di setiap instansi pemerintah kota," tutur Windiasti.

Baca juga: Banjarmasin bentuk lima kelurahan cinta statistik

Menurut Windiasti, Pemkot Banjarmasin bersama BPS akan mengevaluasi menyeluruh terhadap hasil penilaian penyelenggaraan statistik sektoral pada 2024.

"Langkah pertama yang akan kami lakukan bersama BPS dan Bappeda Litbang adalah mengevaluasi hasil ini. Kami akan memperbaiki kekurangan yang ada agar dapat mencapai angka yang lebih baik di tahun-tahun mendatang,” ungkap Windiasti.

Penghargaan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas data statistik di tingkat nasional, di mana, tambahnya kolaborasi antar instansi sangat penting dalam meningkatkan kualitas statistik.

“Peningkatan nilai Indeks Pembangunan Statistik bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang bagaimana kita memanfaatkan data yang berkualitas untuk mendukung kebijakan publik dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Windiasti.

Baca juga: Kepala BPS Kota Banjarmasin pamitan kepada walikota

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024