Universitas Lambung Mangkurat (ULM) segera membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan setelah pemerintah kabupaten setempat berkomitmen membangun kampus ULM.

"Kami berterima kasih kepada pak bupati atas keinginannya membuka PSDKU di Balangan, ULM sangat menyambut baik dan segera kita realisasikan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di acara Dies Natalis ke-66 di Auditorium ULM Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: ULM raih 58 prestasi internasional menuju "world class university"

Alim menegaskan pembukaan PSDKU merupakan inisiasi Bupati Balangan H. Abdul Hadi agar daerah tersebut bisa lebih maju pada bidang pembangunan pendidikan.

Alhasil, disepakati namanya PSDKU Banua Anam Balangan dengan harapan pembukaan Prodi ULM di wilayah itu dapat menjangkau daerah sekitarnya mencakup Kabupaten Balangan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tabalong.

Alim menyebut Bupati Abudl Hadi meminta agar dibuka 13 prodi pada tahap awal penerimaan mahasiswa periode 2025.

Pihaknya pun menyanggupi mengingat syarat untuk membuka PSDKU telah memiliki jurusan yang sama dengan kampus utama dengan akreditasi A ataupun unggul. 

ULM saat ini memiliki 115 prodi dari 11 fakultas dan satu program pascasarjana yang 50 persen sudah terakreditasi A ataupun unggul. 

Baca juga: DPRD Kalsel: Butuh pemikiran dan dana agar olahraga raih prestasi

Sementara Bupati Balangan Abdul Hadi mengaku telah menyiapkan lahan seluas 15 hektar untuk tahap awal pembangunan kampus dan bisa diperluas sesuai kebutuhan ULM nantinya.

"Lokasinya di Paringin Selatan yang memang dalam masterplan kami di situ menjadi pusat pendidikan dan pemerintahan," jelasnya.

Kemudian ada lahan tiga hektare untuk perkantoran pegawai ULM di jalan poros utama, sehingga setiap orang datang atau melintas di Balangan melihat dan mengetahui ada ULM.

Disiapkan pula lahan seluas lima hektare untuk praktik mahasiswa program studi yang berkaitan dengan bidang pertanian.

"Minimal anggaran kita siapkan Rp100 miliar di tahap awal pembangunan sarana dan prasarananya agar bisa segera dibuka tahun depan," ucapnya.

Diakui Abdul Hadi, adanya ULM di daerahnya sejalan dengan programnya untuk pengembangan sumber daya manusia berpendidikan tinggi.

Kemudian PSDKU juga diyakini berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat mengingat bakal banyak mahasiswa dari luar Balangan.

Baca juga: Warek : ULM hasilkan banyak penelitian lahan basah demi kelestarian dan kesejahteraan

Dia mengungkapkan dengan luas wilayah 1.828 kilometer persegi dan jumlah penduduk di Balangan 136.520 jiwa saat ini merupakan paling sedikit di Kalsel.

Maka dari itu, pihaknya ingin mendesain bagaimana Balangan cepat berkembang dan menjadi tempat tujuan orang datang.

Selain pariwisata, dia ingin pendidikan juga jadi daya tarik Balangan kedepannya melalui PSDKU ULM.

"Bayangkan saja setiap prodi diisi 100 mahasiswa maka 13 prodi ada 1.300 mahasiswa dikali empat tahun untuk program sarjana, sehingga dipastikan banyaknya orang menetap di Balangan ini memicu pertumbuhan ekonomi lebih pesat," katanya.

Diketahui kampus utama ULM saat ini ada di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru dengan jarak sekitar 200 kilometer ke arah utara Kalsel di Kabupaten Balangan.

Selain di Balangan, ULM juga telah menyepakati pembukaan PSDKU di Kabupaten Kotabaru untuk tujuh program studi di daerah pesisir laut arah tenggara  Kalsel itu.

Baca juga: ULM gelar klinik publikasi ilmiah motivasi dosen tembus jurnal bereputasi


Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024