Rantau, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Selatan Hj. Rosdiawati Rudy Resnawan mengunjungi lokasi penerima bedah rumah di desa Waringin kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin, Jumat (20/1).

Di dampingi Ketua Penggerak PKK Kabupaten Tapin Hj. Ratna Ellyani Arifin Arphan dan pengurus PK PKK Tapin lainnya menemui Rusdiana (35) kader PKK kecamatan Bakarangan penerima bedah rumah di kabupaten Tapin.

"Mungkin ini pertama kali dilakukan di Kalsel, tim penggerak PKK melakukan bedah rumah dan juga ini dari dana CSR Bank Kalsel 2016," ujar Rosdiawati saat memberikan keterangan kepada media.

Menurut dia,  bantuan bedah rumah bagi kader PKK ini di berikan di setiap kabupaten yang masing-masing mendapat 1 buah rumah.

Iapun berharap dengan adanya bantuan bedah rumah ini bisa merubah perilaku agar masyarakat tau seperti apa lingkungan rumah yang sehat.

"Selain rumah kita juga memberikan bantuan kolam ikan beserta bibit ikannya, bibit tanaman seperti jahe, cabai, dan lainnya, agar penerima bisa memanfaatkannya nanti," ujar istri orang nomer dua di Kalsel tersebut.

Selain itu juga, Rosdiawati menghimbau kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat agar bisa membantu ketahanan pangan dalam rumah tangga.

Rusdiana adalah kader PKK desa Waringin Kecamatan Bakarangan penerima bantuan bedah rumah dari TP PKK Provinsi Kalsel dan dana CSR 2016 Bank Kalsel sebesar 40 juta rupiah.

Istri dari Samsi Bahrun (45) tersebut pun merasa sangat bahagia sekali dengan apa yang di terima oleh keluarganya tersebut.

Diceritakannya, sebelumnya ia tinggal di rumah dengan ukuran 4x4 meter dengan berdindingkan daun daun hanau.

"Dulu kalau mau BAB harus berjalan 200 meter ke wc umum," ujarnya.

Wanita yang sehari-hari hanya bekerja sebagai buruh tani dan baru 1 tahun aktif menjadi kader PKK tersebut pun berharap dengan adanya bantuan tersebut bisa meningkatkan derajat kehidupan keluarganya dan lebih berperilaku sehat.

Pewarta: M Husain As'ary

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017