Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan mencatat jumlah koperasi di  kabupaten setempat terdata sebanyak 173 buah.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro  Kecil Menengah Dinas Koperasi dan Perdagangan Tanah Laut, Totom Wahyudi mengatakan, jdari jumlah itu, terdapat 91 Koperasi aktif dan 82 Koperasi kurang aktif.

Baca juga: Menkop dan UKM amanatkan semangat berkoperasi "menular" bagi pemuda

"Dari 91Koperasi aktif tersebut ada lima jenis usaha dijalankan mereka," kata Totom Wahyudi, di Pelaihari, Kamis.

"Jenis usaha tersebut berupa, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produsen, Koperasi Konsumen, Koperasi Jasa dan Koperasi Pemasaran," ungkapnya.

Diutarakan Totom, diantara lima Koperasi itu yang paling menonjol adalah Koperasi Konsumen dan Koperasi Produsen.

"Contoh Koperasi Produsen tersebut seperti Koperasi Perkebunan Kelapa Sawit. Itu sekarang ini lebih banyak di Tanah Laut," terangnya.

Sedangkan Koperasi Konsumen, jelas dia,   berupa penyiapan bahan baku seperti penyediaan kebutuhan-kebutuhan bagi anggotanya.

Baca juga: Disnaker KUKMP HSS gelar peringatan Hari Koperasi tahun 2024

Dia mengemukakan  untuk Koperasi Produsen tersebar di beberapa kecamatan di Tanah Laut seperti, Kecamatan Jorong, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Kintap.

"Koperasi Produsen biasanya merrka bekerjasama dengan perusahaan dan ada juga karyawan perusahaan perkebunan membentuk Koperasi," tandasnya.

Kemudian, Koperasi dibentuk secara bersama, untuk kepentingan bersama dan menghasilkan sesuatu untuk bersama, harapannya dalam melakukan kegiatan usaha menghasilkan keuntungan untuk dinikmati semua anggota Koperasi tersebut.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024