Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca cerah berpotensi terjadi di seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel)  pada Selasa pagi pukul 08.00 Wita.

Seluruh wilayah Kalsel yang diprediksi cerah akan berganti menjadi cerah berawal pada siang harinya sekitar pukul 11.00 Wita, dan terjadi potensi hujan ringan di Tanah Bumbu dan Kotabaru sekitar pukul 14.00 Wita.

Dan sekitar pukul 17.00 Wita juga diperkirakan masih terjadi hujan ringan di Tanah Bumbu dan Kotabaru, sementara daerah lainnya di Kalsel masih dalam kondisi cerah berawan.

Baca juga: Lima kabupaten di Kalsel berpotensi hujan disertai petir pada Kamis

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar waspada untuk perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2-5 meter di perairan selatan Kalimantan (Laut Jawa) dan perairan Kotabaru.

Adapun terkait informasi potensi banjir pesisir (rob) di perairan Kalsel keluarkan dan berlaku dari tanggal 2 hingga 10 September 2024, fase bulan purnama berpotensi meningkatkan ketinggian air laut maksimum.

Dari pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banijr pesisir (rob) berpotensi terjadi di wilayah Kalsel, masyarakat di sekitar pantai dihimbau selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir pesisir (rob).

Baca juga: Seluruh wilayah di Kalsel diprediksi cerah berawan hari ini

Pasang maksimum berpotensi terjadi di wilayah Perairan Kotabaru pada pukul 06.00-08.00 Wita dan 19.20 -21.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,6 meter.

Untuk wilayah terdampak pasang maksimum diperkirakan di sekitaran pesisir perairan Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Informasi lengkap bisa disimak di sini
Baca juga: Kalsel didominasi cuaca berawan pada Jumat

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024