Atlet Kick Boxing Indonesia Kalimantan Selatan (KBI Kalsel)  siap bertarung di Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI di Medan Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh-Nanggroe Aceh Darussalam Tahun 2024.

"Namun mereka harus cek kesehatan terlebih dahulu agar tak menimbulkan masalah saat pertandingan," ujar Pengurus Provinsi (Pengprov) KBI Kalsel Bidang Wasit Rahmah ketika dikonfirmasi di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Dua atlet panjat asal Tabalong ikuti PON 2024

Ia menerangkan, atlet KBI Kalsel yang akan berlaga di PON XXI tersebut menjalani cek Elektroensefalogram (EEG) dan Elektrokardiogram (EKG) pada Rumah Sakit di Barabai (165 km utara Banjarmasin) dan Kandangan (135: km utara Banjarmasin).

Cek EEG adalah prosedur diagnostik yang mengukur aktivitas listrik otak. Pemeriksaan EEG menggunakan elektroda yang menempel di kulit kepala untuk mengirim rekaman aktivitas listrik otak ke mesin EEG.

Sedangkan cek EKG adalah tes medis untuk merekam aktivitas listrik jantung dan mengevaluasi fungsinya. Tes ini dengan memasang elektroda pada kulit. EKG dapat mendeteksi berbagai masalah kesehatan jantung, seperti: serangan jantung, dan penyakit jantung koroner.

Selain itu,, gangguan elektrolit,keracunan dan efek samping obat, kelainan otot jantung (kardiomiopati), gangguan irama jantung (takikardia maupun bradikardia), demikian Rahmah.
 
Pemeriksaan kesehatan atlet KBI Kalsel yang berlaga di PON XXI Tahun 2024 di Rumah Sakit Barabai dan Kandangan, 29 Agustus lalu. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)


Sementara pelatih dan sekaligus pendamping atlet KBI Kalsel yang berlaga di PON XXI Prasetyo menyatakan optimistis atlet kick boxing asal provinsinya akan berhasil meraih medali.

Baca juga: Atlet KBI Kalsel intensif berlatih hadapi PON XXI

Menurut dia, materi pemain atau atlet kick boxing yang cukup berat lawan tanding dari DKI Jakarta dari seluruh provinsi se-Indonesia yang ikut PON XXI.

"Tapi kalau melihat meteri dalam pelatihan. Insya Allah atlet kita berhasil meraih medali di PON XXI," kata Prasetyo menjawab Antara Kalsel, namun belum bisa memastikan, apakah emas atau perak dan perunggu.

Atlet KBI Kalsel yang akan mempertaruhkan nama daerah pada ajang olahraga bergengsi nasional tersebut masing-masing Muhammad Hasqil Nasuha (putra) untuk nomor Low Kick - 71 kg dan Rizki Sunita (putri) untuk nomor Full Contact - 60 kg.serta Nadia Hasanah (putri) untuk nomor Low Kick - 60 kg.

Pelepasan atlet KBI Kalsel ke PON XXI yang akan berlaga di Medan dan Aceh, 13 - 21 September 2024 bersamaan dengan kontingen oleh Gubernur setempat H Sahbirin Noor, 28 Agustus 2024.

Baca juga: Perubahan angin di Paris jadi tantangan atlet para panahan Indonesia


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024