Fajar mulai menyingsing di ufuk timur Kalimantan Selatan (Kalsel), sinar mentari menerangi dedaunan pohon-pohon yang menjulang tinggi di antara barisan bukit di hutan pegunungan Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Sebagai hutan wisata, sebagian kawasan Kiram Park merupakan situs Geopark Meratus yang ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada 2018, hutan ini menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, utamanya sejarah pembentukan bumi, dan budaya.

Kini, Geopark Meratus telah diusulkan ke UNESCO untuk ditetapkan sebagai Global Geopark. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan Kiram Park sebagai situs yang menyimpan sejarah bumi.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melalui surat keputusan, menetapkan Kiram Park sebagai destinasi wisata prioritaskan seiring diusulkannya Geopark Meratus menjadi Global Geopark.

Salah satu upaya, menjadikan kawasan Kiram Park sebagai lintasan olahraga motor trail berstandar internasional. Membelah pegunungan, lintasan sepanjang lima kilometer itu dirancang berliku-liku di antara barisan bukit-bukit dengan jumlah rintangan sebanyak 60 track.

Menggunakan motor trail di lintasan ini, kita dapat melihat keindahan alam Kiram Park, utamanya saat berada di puncak ketika mentari terbit dari timur, warna merah jingga terlihat jelas berpadu dengan kilauan yang dipantulkan fajar ketika mulai tenggelam di ufuk barat.

Uncle Hard Enduro

Para legenda balap dunia Race Enduro dari Asia, Afrika, Eropa, hingga Amerika, menjadi peserta tahunan memeriahkan kejuaraan motor trail bertaraf internasional di Kiram Park.

Sejak edisi 2019, 2022, 2023, hingga edisi 2024, pembalap dari berbagai negara tidak pernah absen menjajal tantangan di Kiram Park. Meskipun sempat terhenti pada 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

Legenda enduro internasional, Graham Jarvis, rider yang pernah menorehkan berbagai prestasi pada gelaran motor trail kelas internasional ini, tidak pernah absen setiap pelaksanaan Uncle Hard Enduro.

Pada Uncle Hard Enduro 2024, Jarvis menorehkan prestasi di podium ketiga, setelah pembalap Spanyol dan Austria. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai suport penuh Uncle Hard Enduro, setiap tahun menggelar kejuaraan ini dengan berbagai persiapan dan sarana yang terus meningkat. Melibatkan organisasi Indonesia Off-Road Federation (IOF).

Gelaran enduro ini pula menjadi salah satu misi memasyarakatkan olahraga untuk mengangkat potensi wisata daerah untuk dikenal mancanegara. Peserta dari berbagai negara selalu dijamu untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata berkearifan lokal.

“Event olahraga bertaraf internasional menjadi strategi khusus untuk meningkatkan kunjungan wisata daerah. Mereka yang berasal dari luar daerah akan semakin mengenal potensi yang ada di Kalimantan Selatan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, M Syarifuddin.

Gelaran Uncle Hard Enduro ini pun diharapkan menjadi agenda tahunan untuk menduniakan Kalimantan Selatan lewat kejuaraan olahraga motor trail bertaraf internasional. Dari Kiram Park untuk alam Indonesia, dari Unlce untuk dunia, demikian semangat yang terus digalakkan pemerintah daerah untuk membangun Kalimantan Selatan sebagai salah satu provinsi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024