Wakil Wali Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Wartono menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD 2024 kepada DPRD setempat.
 
Penyampaian raperda disampaikan Wakil Wali Kota pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah didampingi dua unsur pimpinan DPRD dan anggota dewan di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru minta Kepala Disdukcapil ciptakan suasana kerja nyaman
 
"Perubahan APBD prinsipnya adalah penyempurnaan dan perbaikan atas APBD yang sudah berjalan dengan mempertimbangkan pencapaian target pendapatan dan realisasi belanja," ujar Wartono.
 
Menurut Wartono, sesuai proyeksi Perubahan APBD 2024 terdiri dari komponen pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah yang digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan terutama pada akhir tahun.
 
Disebutkan Wartono, Perubahan APBD 2024 dari sisi pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp1,45 triliun atau terjadi penurunan sebesar Rp32,7 miliar dibandingkan rencana pendapatan Rp1,25 triliun.
 
"Rincian pendapatan daerah meliputi pendapatan asli daerah yang naik sebesar Rp10,5 miliar dari target Rp329 miliar menjadi Rp339,8 miliar dan pendapatan transfer yang naik sebesar Rp22,1 miliar," ucapnya.
 
Baca juga: Pemkot Banjarbaru siap realisasikan APBD 2025 sebesar Rp1,7 triliun

Diketahui, pendapatan transfer pada perubahan ditarget sebesar Rp1,09 triliun menjadi Rp1,11 triliun yang semuanya berasal dari pemerintah pusat untuk membantu kelancaran keuangan daerah.
 
Selanjutnya, Perubahan APBD 2024 dari sisi belanja sebesar Rp1,7 triliun yang mengalami kenaikan sebesar Rp248 miliar dari rencana sebelumnya Rp1,5 triliun meliputi belanja operasi dan belanja modal.
 
Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah mengatakan Raperda Perubahan APBD 2024 akan berproses sesuai mekanisme dan dijadwalkan dibahas pada Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi, Selasa esok.
 
"Pembahasan Raperda Perubahan APBD 2024 segera dilakukan melalui panitia khusus DPRD dimulai dengan pemandangan umum fraksi-fraksi pada rapat paripurna yang sudah diagendakan Selasa," katanya.
 
Baca juga: DPRD-Pemkot Banjarbaru sepakati KUA PPAS 2025 dan perubahan KUA PPAS 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024