Penjabat (Pj) Bupati Dinansyah dan Sekretaris Daerah H Zulkipli Yadi Noor,  menghadiri pawai obor dalam rangka 
peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Kodim 1005 Barito Kuala Letnan Kolonel INF Kadirman Gultom, Perwira Upacara Danramil 1005-07 Kapten INF M Sukardi dan Komandan upacara Lettu INF Suhardi Danramil 1005-10. 

Baca juga: Pj Bupati HSS: Maknai HUT RI untuk kesejahteraan masyarakat

Apel tersebut ditandai dengan penyulutan obor kepada empat perwakilan peserta pawai dari TNI, Polri, Pramuka dan KNPI.

Usai semua obor menyala, para peserta pawai  berasal dari pleton Pramuka, pelajar, Korpri, Linmas, KNPI, Satpol-PP, Polres dan Kodim berjalan didahului oleh parade Drum Band GMSM dan dikawal Patroli berkeliling Kota Marabahan dengan rute awal halaman Kantor Bupati Batola, menuju Jl Pangeran Antasari, Tribun Lapangan 5 Desember, Jalan AES Nasution, Jalan Tugu dan kembali ke halaman Kantor Bupati Batola.

Arak-arakan obor dibawa peserta pawai menjadikan suasana Kota Marabahan di malam Peringatan HUT RI ke-79 semakin khidmat seakan mengingat kenangan dalam suasana ketika negeri ini belum memiliki sarana penerangan listrik memadai seperti pada masa dahulu Indonesia di awal kemerdekaan. 

Apel malam itu dilanjutkan dengan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) dipimpin oleh Pj Bupati Batola Dinansyah dan Forkopimda pada pukul 23:56 wita. 

Penghormatan kepada para Pahlawan dipimpin oleh Komandan upacara diiringi terompet Sangkakala sebagai tanda penghormatan. 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah upacara kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur upacara. 

Baca juga: 4.000 santri pawai Hijriah 1 Muharam di Kabupaten Banjar

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024