Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Zakly Asswan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Khairussalim mengukuhkan sebanyak 36 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) setempat.

Usai pengukuhan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Khairussalim memimpin pengukuhan Paskibraka, yang juga dilakukan penyematan lencana sebagai tanda pengukuhan.

"Sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, mereka semua tentunya telah menjalani serangkaian pelatihan dan pendidikan, yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih, terkhusus pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79," katanya, Kamis (15/8).

Mereka yang bertugas sebagai Paskibraka, adalah siswa-siswi terpilih dari seluruh SMA dan SMK sederajat se-Kabupaten HSU yang nantinya bakal mengibarkan bendera dengan formasi 17-8-45.

Sebelum dikukuhkan, Paskibraka diminta membacakan ikrar yang dipimpin Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) HSU, Amberani.

Khairussalim berpesan, anggota Paskibraka selama mengikuti pelatihan hendaknya dapat terus dikembangkan, karena daerah dan bangsa sangat membutuhkan sosok generasi muda yang memiliki ketahanan fisik yprima, mental dan moralitas yang baik, disiplin tinggi, berperestasi, beriman serta bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Menurutnya, keterlibatan anggota paskibraka dalam HUT Kemerdekaan RI memiliki peran strategis dan relevan dalam proses transfer nilai - nilai nasionalisme dan patriotisme generasi muda.

"Anggota Paskibraka yang memiliki jiwa kepemimpinan agar terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari - hari, sehingga mampu memberi energi positif dan menjadi contoh tauladan bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat," tuturnya.

Khairussalim mengingatkan, agar anggota Paskibraka dapat menjalankan tugas dengan semangat dan tanggung jawab, mempersiapkan diri, sebagai pemuda - pemudi HSU yang memiliki aklak dan budi pekerti yang baik, cerdas dan berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani.

"Saya berpesan dan mengingatkan bahwa di pundak kalian masih ada tugas berat yang harus dilakukan yaitu sebagai Paskibra pada upacara yang akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus nanti, karena inti sukses upacara ada pada Paskibra," tambahnya.
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024