PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) meraih penghargaan Pendukung Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar menyerahkan langsung penghargaan bergengsi tersebut kepada Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng Sigit Fanani pada Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi dan EBT (LIKE2) di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta pada Jumat (9/8/2024). 

Baca juga: YBM PLN UID Kalselteng berbagi kebahagiaan di Hari Anak Nasional
 
Keterangan tertulis Humas PT PLN (Persero) UID Kalselteng di Kota Banjarbaru, Ahad, penghargaan yang diraih PLN UID Kalselteng menjadi satu-satunya unit PLN di seluruh Indonesia mewakili PLN Holding menerima penghargaan ProKlim menjelang peringatan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI.
 
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan penghargaan adalah pengakuan atas kerja keras yang telah dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk dunia usaha seperti PLN, yang berperan aktif mendukung program ProKlim di Indonesia.
 
"Penghargaan ini bukti nyata atas kerja keras dan komitmen yang telah ditunjukkan, baik pelaksana ProKlim di lapangan, kepala daerah yang memberikan pembinaan, maupun dunia usaha yang secara konsisten mengambil peran mendampingi program Desa ProKlim mendukung upaya perlindungan lingkungan dan adaptasi perubahan iklim," ujar Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Baca juga: Dirut PLN raih penghargaan Tokoh Inspiratif Penggerak Transisi Energi
Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng Sigit Fanani (dua dari kiri) foto bersama dengan penerima penghargaan ProKlim dan Pendukung ProKlim yakni Lurah Sekumpul Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar Abdullah (paling kiri), Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati dan Staf TJSL PT PLN UID Kalselteng Janathun Mulyaningsih. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)


Diketahui, PLN UID Kalselteng melalui program Tanggug Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah melakukan pendampingan ProKlim selama lebih dari dua tahun terakhir terhadap 10 Desa/Kelurahan di Kalimantan Selatan guna mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim.
 
Salah satu programnya yakni Bank Sampah Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan yang fokus pengelolaan sampah secara efektif dan juga berkelanjutan serta pemberdayaan masyarakat sekitarnya.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Ahmad Syauki, menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan itu dan menegaskan penghargaan menjadi motivasi bagi PLN UID Kalselteng untuk terus meningkatkan peran serta dalam program-program lingkungan.

Baca juga: Ribuan pelari siap ikuti "PLN Electric Run" 2024
 
"Penghargaan yang diraih bukan hanya sebuah apresiasi, tetapi juga tantangan bagi kami terus berbuat lebih baik. Kami berkomitmen untuk terus mendukung program-program lingkungan dan iklim, berkontribusi positif pada upaya penanggulangan perubahan iklim di wilayah Kalsel dan Kalteng," ucap Syauki.
 
Syauki menambahkan, keberhasilan juga merupakan hasil kerja keras bersama seluruh tim di PLN UID Kalselteng, serta kolaborasi dengan berbagai pihak terkait sehingga bisa membawa pencapaian di bidang lingkungan hidup yang berbuah penghargaan. 
 
"Semua ini bukti dengan kolaborasi yang baik, kita dapat mencapai hasil yang luar biasa. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berharap penghargaan menjadi inspirasi terus berinovasi meningkatkan kualitas program-program yang dijalankan, sehingga dampaknya bisa dirasakan masyarakat ," tuturnya.
 
Ditambahkan Sigit Fanani yang berterima kasih atas dukungan pada program ProKlim di wilayah kerja PLN UID Kalselteng dan mengakui keberhasilan tidak lepas dari kerja sama dan dukungan pemerintah daerah, masyarakat, organisasi dan komunitas yang bersinergi dalam mewujudkan lingkungan lebih baik.
 
"Kami menyadari pencapaian ini adalah hasil kerja sama solid antara PLN, pemerintah, dan masyarakat serta berharap kedepan sinergi terus ditingkatkan guna menciptakan lebih banyak kampung ProKlim di wilayah Kalimantan," ucap Sigit.
 
Diharapkan, keberhasilan yang dicapai PLN UID Kalselteng dapat menjadi inspirasi bagi unit-unit PLN lainnya di seluruh wilayah Indonesia untuk terus berperan aktif dalam program-program lingkungan dan iklim, demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Baca juga: PLN UID Kalselteng bantu ratusan rumah keluarga kurang mampu

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024