Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Ansharuddin, pimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 71 - Kementerian Agama (Kemenag) RI setempat, Rabu (4/1), di Halaman Kemenag setempat, Kecamatan Paringin Selatan.


Bupati Balangan , mengatakan Agama wajib dijadikan sebagai satu diantara sumber dari dasar pembentukan hukum Nasional, dan menjadi ruh kehidupan  kebangsaan, sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

‎"Kita harus bersikap sebagai Agamawan, sekaligus Negarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa diatas kepentingan pribadi dan kelompok," kata Ansharuddin yang menjadi Pembina upacara.

Lebih lanjut dia mengatakan, demi menjaga ikatan agama dan bangsa di negara ini, kita harus menunjukan bahwa kebaikan ajaran agama merupakan obor penerang bagi perbaikan kualitas masyarakat.

"Dengan memaknai Moto dari pada Hari Amal Bakti Kemenag Ke-71,  kita harus dapat lebih peka mendeteksi aspirasi masyarakat, serta lebih sigap menyelesaikan masalah, dan dapat cekatan memenuhi kebutuhan Umat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Balangan H Raihan Redha mengungkapkan, dengan tema ‘Lebih Dekat Melayani Umat, Kemenag ingin mengembalikan umat kepada fitrah kesucian dan ingin menjadi contoh dalam melayani masyarakat.

Selain itu, peringatan HAB ke 71 ini, kata Raihan, juga sebagai wadah silaturahmi keluarga besar Kemanag Balangan dan juga sebagai media pengingat Kemenag atas kewajibannya yang bertugas melayani umat.

“Khusus bagi penyandang gelar Keluarga Sakinah, teruslah menjadi tauladan bagi masyarakat lain bagaimana menjalanani kehidupan berkeluarga sesuai aturan agama dan aturan yang berlaku,’’ pungkasnya. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017