Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-121 Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan masyarakat bergotong royong membersihkan sampah di lingkungan pasar tradisional di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.

“Kegiatan bersih-bersih sekaligus menjadi edukasi bagi para pedagang di pasar agar selalu menjaga kebersihan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” kata Satgas TMMD ke-121 Kodim HSS Kapten Cpl Marhani di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Senin.

Marhani, yang juga selaku Pasiter Kodim HSS, menjelaskan jika kebersihan selalu terjaga, tidak ada tumpukan liar sampah, maka bencana banjir dan penyebaran penyakit juga akan terhindar dari masyarakat.

“Kami tidak hanya fokus pada program pembangunan fisik saja, kebersihan lingkungan pun menjadi salah satu perhatian,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Komandan Kodim HSS selalu memberikan arahan agar setiap prajurit menjadi pelopor dan berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat, salah satunya dengan aksi bersih-bersih bersama masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pada kesempatan itu, kata Marhani, personel memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pedagang dan pengunjung untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku terkait aturan membuang sampah pada tempatnya.

Menurut dia, sampah yang tidak terkontrol sering menjadi faktor munculnya permasalahan di lingkungan, oleh karena itu Satgas TMMD harus memberikan contoh agar masyarakat mudah dibimbing dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satu pedagang di pasar tradisional, Sama’an mengatakan sudah sepatutnya masyarakat peduli dengan kebersihan lingkungan, karena selain mencegah datangnya bencana dan penyakit, pasar juga terlihat indah dan asri.

“Pasar jadi bersih dan enak dipandang, semoga kegiatan ini akan terus dilaksanakan sehingga masyarakat akan sadar dan peduli kebersihan lingkungan,” ujar Sama’an.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024