Pembangunan lanjutan   jalan Desa Binjai menuju Desa Salikung Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan  menelan dana sekitar Rp 17 miliar dari APBD Kabupaten Tabalong 2024.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong Sunengsi mengatakan pembangunan infrastruktur jalan Desa Binjai - Desa Salikung dilaksanakan  sejak tahun 2021.

"Perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 460 meter (segmen binjai) dan sirtu  sepanjang 500 meter kita lakukan pada 2021," jelas Sunengsi di Tanjung,  Kamis.

Dilanjutkan pada tahun  2022 berupa  perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 915 meter (segmen Binjai dan Luna) dan tahun  2023 perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 1,1 kilometer.

Pada tahun ini kegiatan dilanjutkan perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 4,5 kilometer  (realisasi 250 meter) dan pekerjaan Box Culvert 8 buah (realisasi 4 buah).

Sedangkan untuk peningkatan jalan Desa Sungai Kumap sepanjang 8 kilometer dialokasikan Rp11 miliar.

Di tahun 2022 peningkatan kualitas jalan Desa Sungai Kumap berupa perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 425 Meter dan lanjut tahun 2023 perkerasan jalan dengan cor beton sepanjang 321 Meter.

"Realisasi tahun ini perkerasan jalan dengan cor sepanjang 1,5 kilometer dengan target 3,9 kilometer dan pembangunan box culvert dua buah," tambahnya.

Perkerasan dengan cor beton ini sangat membantu akses warga mengingat posisi  Desa Salikung maupun Desa Sungai Kumap berada di kawasan perbukitan dan cukup jauh dari ibukota Kecamatan Muara Uya yakni sekitar 63 kilometer dari Kota Tanjung.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024