Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-121 Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) membantu penyuluh pertanian lapangan (PPL) membasmi hama tikus di area persawahan dan perkebunan milik masyarakat.

“Hama tikus selama ini menjadi pengganggu tanaman yang bisa mengancam para petani gagal panen. Beranjak dari permasalahan tersebut, kami berkoordinasi dan berkolaborasi dengan tenaga pertanian untuk memberantas hama tikus,” kata Anggota Satgas TMMD ke-121 Kodim HSS Koptu Salehudin di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Rabu.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim 1003/HSS perbaiki tiga RTLH milik warga prasejahtera

Dia menjelaskan, selaku Babinsa Koramil 1003-01/Telaga Langsat di desa ini, kolaborasi tersebut juga merupakan bagian dari pembinaan yang rutin diberikan kepada masyarakat setempat.

“Karena wilayah ini sedang dilaksanakan program TMMD, kita optimalkan sektor pertanian untuk meningkatkan hasil panen petani,” ujar Salehudin.

Ia mengatakan peran TNI di desa melalui Babinsa, akan terus ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya pada saat TMMD saja, ke depan juga akan berkelanjutan.

Menurut dia, sektor pertanian juga tidak kalah penting di antara banyaknya persoalan dan permasalahan yang dialami masyarakat, khususnya terkait peningkatan hasil panen padi.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim 1003/HSS bangun pos keamanan lingkungan desa

Melalui program TMMD ini pula, kata Salehudin, seorang Babinsa akan terus hadir untuk mengatasi kesulitan masyarakat sesuai dengan tujuan TMMD, yakni meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

“Kami turun  ke lapangan langsung untuk memberikan contoh kepada petani dalam hal mencegah dan memberantas hama tikus bauk di area sawah maupun kebun. Harapannya bisa meningkatkan produksi panen padi,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu penyuluh pertanian lapangan, Abdurahman, mengatakan kehadiran Satgas TMMD dan Babinsa memberikan dampak positif karena selain menjadi rekan kerja di desa, satgas membantu petani dalam meningkatkan produksi panen.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim HSS bangun sarana air bersih pada tiga lokasi

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024