Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjen Erwin Triwanto memerintahkan personel kepolisian menyambangi dan memantau keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan.

"Saya sudah perintahkan personel kepolisian menyambangi dan memantau kamtibmas di lapas sehingga tidak lagi terulang narapidana yang kabur," ujarnya di Banjarbaru, Selasa.

Pernyataan kapolda terkait kaburnya 31 narapidana di Lapas Klas II Banjarbaru pada Minggu (25/12) dinihari dan 28 narapidana yang sempat kabur berhasil ditangkap sebagian menyerahkan diri.

Sebelumnya, Selasa kapolda bersama Kakanwil Kemenkum dan HAM Kalsel Imam Suyudi mengunjungi satu lapas di Banjarbaru, dua lapas di Martapura dan satu lapas di Kota Banjarmasin.

Empat lapas yang didatangi adalah

Lapas Kelas III Banjarbaru, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan dan Lapas Teluk Dalam.

"Kejadian kaburnya narapidana dari lapas jangan sampai terulang kembali sehingga kami memerintahkan personel memantau kamtibmas di dalam lapas seluruh Kalsel," ungkapnya.

Menurut kapolda, kelebihan daya tampung (over kapasitas) pada seluruh lapas dan rutan di Kalsel memerlukan kreativitas pimpinan untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif.

Disisi lain, keterbatasan petugas disamping sarana dan prasarana yang cukup tua usia, rawan menimbulkan gangguan keamanan di dalam maupun luar lingkungan lapas.

"Kami siap membantu petugas lapas untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas sepanjang adanya koordinasi pimpinan lapas dengan pimpinan polri di daerah," ucapnya.

Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Kalsel Imam Suyudi mengatakan sudah melaksanakan permintaan kapolda yakni bersama personel kepolisian melakukan razia ke dalam lingkungan lapas.

"Permintaan kapolda melaksanakan sambang dan pantau kamtib di dalam lapas maupun rutan akan ditingkatkan menjadi per dua jam sehingga keamanan terjamin," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016