Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV periode 2024 Kalimantan Selatan (Kalsel) diikuti sebanyak 37 Persatuan Wartawan Indonesia (PW) provinsi plus PWI khusus Solo setingkat provinsi berkedudukan di Surakarta. 

"Jadi total 38 kontingen provinsi berpartisipasi sehingga semua daerah di Indonesia hadir meramaikan Porwanas kali ini, sungguh suatu kebanggaan bagi tuan rumah," kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel Zainal Helmie di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Gubernur Sahbirin undang Gibran pada pembukaan Porwanas di Kalsel

Dia pun mengapresiasi para pengurus PWI yang telah bersedia berpartisipasi membawa kontingen termasuk tiga provinsi baru di Papua yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Sedangkan, jumlah atlet yang bertanding telah terkonfirmasi lebih dari 1.500 orang.

Sehingga kehadiran seluruh kontingen termasuk tim ofisial dan penunjang lain diperkirakan mencapai lebih dari 2.000 orang.

"Persiapan kita sudah 80 persen jelang pembukaan Porwanas pada 20 Agustus 2024 di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru," tutur Helmie.

Baca juga: Tim Atletik PWI Kalsel berlatih bersama Kuta Beach Running di Bali

Helmie menyebut untuk lokasi pertandingan, penginapan, transportasi hingga tim kepanitiaan seremonial pembukaan dan penutupan Porwanas telah siap menyambut para tamu para jurnalis dari seluruh tanah air.

"Kita sangat berharap Wakil Presiden (Wapres) RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka bisa hadir, undangan sudah disampaikan tinggal konfirmasi kehadiran dari tim Mas Gibran," ungkapnya.

Porwanas Kalsel yang dilaksanakan mulai 20-26 Agustus 2024 mempertandingkan 12 cabang olahraga, yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, domino, e-Sport, tenis lapangan dan balogo.

Kemudian ada juga lomba karya jurnalistik baik reportase teks, reportase video dan reportase radio dengan mengangkat tema Geopark Meratus.

Baca juga: Pemprov dan PWI Kalsel intensifkan komunikasi jelang Porwanas 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024