Pemerintah Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan salah satu program unggulan berupa pelayanan home care bagi masyarakat yang sakit untuk menunjukkan kepedulian pemerintah kepada warga.

“Program ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga yang tidak mampu datang ke Puskesmas atau rumah sakit karena faktor usia atau penyakit yang memerlukan perawatan di rumah,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Balangan Ahmad Sauki di Balangan, Kamis.

Baca juga: Dinkes Balangan pantau data kesehatan masyarakat melalui aplikasi E-Puskesmas

Sauki melanjutkan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menggenjot pelayanan home care untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Balangan terutama kepada lanjut usia (Lansia).

Kadinkes Balangan menuturkan pihaknya memantau petugas kesehatan di lapangan secara rutin setiap hari untuk memastikan program tersebut berjalan secara maksimal.

Sejauh ini, Sauki menyebutkan kunjungan petugas home care terhadap pasien sudah mencapai sekitar 1.000 kunjungan pada seluruh desa dari awal tahun hingga pertengahan 2024.

Baca juga: Dinkes: Kerja bersama wujudkan Balangan bebas stunting dan bebas ODF

"Sejauh ini kunjungan sudah mencapai sekitar seribu lebih, dan kami optimis jumlah ini akan meningkat hingga akhir 2024," tutur Sauki.

Sauki berharap program home care ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Balangan terutama pada bidang kesehatan.

Baca juga: Kasus DBD meningkat, Dinkes Balangan imbau warga berperilaku hidup sehat

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024