Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menyambut baik Liga 1 Indonesia musim 2024/25 kembali ke sistem kompetisi penuh.

Menurutnya musim kompetisi tahun ini akan jauh lebih adil dan ia berpendapat, dengan kompetisi penuh tim yang tampil baik sejak awal hingga akhir akan menjadi juaranya.

"Jika ada tim yang benar-benar memulai liga dengan penampilan terbaik di 34 pertandingan akan menjadi juara," ujar Bojan dikutip dari laman resmi klub, Minggu, .

Ia menilai sistem tersebut mengharuskan semua tim tampil baik dalam seluruh laga untuk bisa menjadi juara.

Mengenai catatan Persib Bandung yang tak pernah juara ketika liga menggunakan sistem kompetisi penuh, Bojan menilai peluang untuk Maung Bandung menjadi juara tetap ada.

Baca juga: Liga 1 musim 2024/2025 tak gunakan format Championship Series

Pelatih asal Kroasia itu menjelaskan jika Persib Bandung memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru dan ia mencontohkan bagaimana skuadnya pada musim lalu mampu mengalahkan Bali United untuk pertama kalinya di kompetisi resmi.

Bojan pun berharap catatan positif selalu ada untuk Persib Bandung di musim depan dan ia cukup optimis timnya bisa tampil baik mempertahankan gelar musim ini.

"Selalu ada hal bagus terjadi untuk pertama kalinya seperti sebelumnya kami tidak pernah menang melawan Bali. Lalu sebelumnya juga belum pernah ada pelatih asing yang membawa Persib meraih trofi," jelas Bojan.

"Jadi selalu ada hal yang pertama kali terjadi dan besar harapannya tahun depan (menjadi juara)," pungkasnya.

Berdasarkan pengumuman resmi beberapa waktu lalu, kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024/25 tak akan menggunakan sistem Regular Series hingga Championship Series dan kembali ke sistem kompetisi penuh karena jadwal Timnas Indonesia yang padat.

PT LIB menjelaskan bahwa tidak digunakannya Championship Series karena format tersebut memerlukan jangka waktu yang lama untuk menyelesaikan satu musim kompetisi, sehingga tidak sinkron dengan kalender tim nasional Indonesia.

Liga 1 musim 2024/2025 akan dibuka dengan pertandingan juara Liga 1 musim 2023/2024 Persib Bandung melawan juara Liga 2 2023/2024 PSBS Biak. Laga tersebut rencananya digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Duel yang mempertemukan jawara dari dua kasta liga sepak bola Indonesia musim lalu tersebut akan dilangsungkan pada 9 Agustus 2024.

Baca juga: PT LIB tetap gunakan wasit asing di Liga 1 2024/2025
Baca juga: Arema FC sebut format kompetisi penuh jadikan Liga 1 lebih kompetitif


Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024