Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) berkomitmen untuk mewujudkan nawacita pangan Presiden Joko Widodo guna meningkatkan kedaulatan dan ketahanan pangan di daerah.

“Sebagai bentuk keseriusan kedaulatan pangan, pada 2024 kami menganggarkan dan telah menyerahkan sejumlah bantuan pertanian kepada petani bersumber dari APBN, dan APBD provinsi/kabupaten,” kata Wakil Bupati HST Mansyah Sabri di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu.

Ia menyebutkan bantuan itu di antaranya, yakni alat mesin pertanian (alsintan) berupa pompa tiga inci berjumlah 53 unit, diserahkan kepada Kelompok Tani (Poktan) Pematang Indah Desa Wawai Gardu dan Poktan Tunas Baru Desa Wawai.

“Kami sangat mendukung upaya memajukan bidang pertanian seiring kebijakan Presiden Joko Widodo melalui visinya yang tertuang dalam nawacita menaruh komitmen dan perhatian serius pada sektor pertanian,” ujarnya.

Menurut dia, di antara beberapa nawacita Presiden Jokowi, untuk mewujudkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik yang menitik beratkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Oleh karena itu, Mansyah meminta Dinas Pertanian dapat menggali berbagai inovasi untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian khususnya padi guna memenuhi ketersediaan pangan.

“Pada era modern ini, mari kita ubah pola pikir menjadi lebih maju. Petani harus menunjukkan budaya kerja cerdas dan kerja keras agar semakin andal dan berdaya saing pada masa mendatang,” tutur Mansyah.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024