Lapsus Hari Jadi ke-66 HSS

Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Perayaan Hari Jadi ke-66 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berlangsung meriah dan dihadiri ribuan undangan yang sejak pagi telah memadati arena upacara di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (5/12) Pukul 10.00 Wita.

Kemeriahan semakin terasa, ketika tari Sorak Salawatan yang dimainkan sanggar tari Posko La Bastari membuka acara sebelum peringatan puncak HUT ke-66 HSS dimulai.

Gerakan tari yang cukup enerjik, dengan penata tari M Feri Fauzan, busana Hayatun Nafisa dan  penata musik M. Ilham seakan membakar semangat para undangan untuk mengikuti acara peringatan.

Acara yang dilanjutkan dengan pengalungan bunga melati oleh para penari kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Bupati HSS H Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah dan Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur'an oleh Hafiz Al Qur'an 30 Juz Zainal Hifzi dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Kabupaten Hulu Sungai Selatan oleh Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD menguraikan sejarah berdirinya Kabupaten HSS yang sebelumnya merupakan cikal bakal terbentuknya Banua Anam.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, selamat datang kepada para rombongan Gubernur dan undangan luar daerah lainnya sekaligus mengungkapkan Visi Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2014 – 2018 adalah untuk menjadi daerah yang makin sejahtera, agamis dan produktif atau dengan slogan SEHATI.

Melalui slogan tersebut,berbagai pembangunan telah dilaksanakan sebagai bentuk komitmen mewujudkan visi tersebut.

Melalui kerja keras dari seluruh pihak terkait, tambah dia, Pemkab HSS telah berhasil melaksanakan program pembangunan dengan baik, yang dibuktikan dengan berbai penghargaan yang didapatkan selama 2016.

Berbagai penghargaan tersebut antara lain, penghargaan dari pemerintah diantaranya Penghargaan top 35 inovasi pelayanan publik “si midun ke faskes sebagai salah satu program untuk mendekatkan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat.

Perolehan Predikat SAKIP Nilai B sebagai pelaksanaan program penyelenggaraan Pemerintahan yang transparan, akuntabel dan melayani.

Begitupun dalam hal pengelolaan keuangan juga memperoleh Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Selama 3 tahun berturut – turut tahun 2013, 2014, dan 2015 sebagai wujud keberhasilan dalam membina pengelolaan keuangan APBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Di Bidang Pendidikan HSS juga memperoleh penghargaan Kawastara Pawitra dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai wujud penghargaan karena Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dinilai memiliki komitmen yang tinggi pada dunia pendidikan.

Kemudian  Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai wujud penghargaan yang diberikan karena memiliki komitmen yang kuat untuk kemajuan Koperasi dan UKM.

Sementara di Bidang Kependudukan memperoleh penghargaan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari Kepala BKKBN Pusat.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman replikasi inovasi pelayanan publik klaster (public cluster) pengentasan kemiskinan Pemkab HSS dengan menteri PAN-RB.

"Penghargaan Piala Adipura Buana pun telah diraih  setelah kurang lebih 20 tahun tidak memperoleh piala adipura, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia di Siak, Propinsi Riau," ujarnya.

Penghargaan pun diraih Anak – anak dari HSS juga turut mengharumkan nama Kabupaten di Ajang Internasional yaitu Muhammad Yasir Maulidi, peringkat 17 Dunia Lomba Bricklaying di Sao Paolo Brazil.

Juga Muhammad Nasir, Peraih Medali Emas Lomba Bricklaying pada ASEAN Skill Competition (Kompetisi skill tingkat Asia Tenggara), serta Zainul Hifzi, Hafidz Qur’an 30 Juz pada MTQ Tingkat Internasional di Sudan, Maroko, dan Arab Saudi.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memulai sambutannya dengan Salawat Badar untuk menghidupkan suasana perayaan puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten HSS ke-66.

Hal ini menurutnya sejalan dengan nuansa kota Kandangan yang agamis dan kota Pahlawan dalam sejarah perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Mari maknai peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan ke-66 untuk memperkuat kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa sehingga bangsa ini akan kuat dan tidak mudah diombang ambingkan bangsa lain,"ujarnya.

Gubernur mengapresiasi beragam pencapaian keberhasilan pembangunan di kuran waktu 3,5 tahun kepemimpinan Bupati HSS H Achmad Fikry utamanya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Begitupun prestasi warga HSS hingga tingkat internasional membuktikan sinergi nyata semua pihak dalam pembangunan, juga mengharapkan Loksado sebagai destinasi wisata primadona yang telah menasional dapat terus dikembangkan.

Peringatan Puncak Harijadi juga ditandai dengan pemotongan nasi astakona oleh Bupati HSS diserahkan kepada Gubernur Kalsel, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah A. Fikry kepada Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah.

Kemudian dilanjutkan Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan IAIN Antasari Banjarmasin dalam bidang Pendidikan, Litbang dan Pengabdian Masyarakat.

Selain itu, dengan PT. Antang Gunung Meratus (AGM) untuk pemberian 2 bis pelajar, penandatangan  prasasti proyek-proyek antara lain pembangunan berupa jembatan Andi Tajang  oleh Gubernur Kalsel di Kecamatan Daha Selatan dan penanda tanganan prasasti peningkatan kapasitas produksi air bersih oleh Bupati HSS.

Juga diserahkan hadiah umroh kepada Dai Pegununungan atau daerah terpencil di Loksado Syarifuddin serta para pemenang lomba desain Tagline Hari  sayembara untuk logo dan tagline Hari Jadi.

 Logo dan Tagline hasil sayembara tersebut adalah Alhamdulillah tabukti maju, balangkar banuaku,  yang memiliki arti telah terbukti terjadi peningkatan menjadi lebih baik lagi dari kondisi atau keadaan sebelumnya.

"Balangkar Banuaku", berarti Kabupaten Hulu Sungai Selatan semakin indah dan tertata dengan rapi. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Piala Adipura di tahun 2016 ini.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor beserta Forkopimda Kalimantan Selatan, Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah, Mantan Bupati HSS H Mohammad Arlan, Istri Mantan Bupati Hj Herliawati Syafi’i.

Kemudian Bupati  Tabalong H. Anang Syakhfiani beserta istri, Bupati Tapin H Arifin Arpan, Wakil Bupati HST H. A.Chairansyah, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Forkopimda HSS, Ketua MUI HSS KH Mukhyar Dahri, Pimpinan SKPD, Ulama, tokoh masyarakat dan Undangan lainnya.

Pewarta: Fathurahaman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016