Lapsus Hari Jadi Ke 66 HSS

Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Peringatan HUT ke-66 Kabupaten Hulu Sungai Selatan diperingati dengan berbagai acara dengan melibatkan seluruh masyarakat di kota Dodol tersebut.

Berbagai acara digelar sebagai wujud rasa syukur pemerintah daerah dan rakyat Kabupaten HSS, yang dilaksanakan hingga puncak peringatn pada Senin (5/12),

Salah satu acara yang dilaksanakan cukup sukses adalah makan bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry  bersama para alim/ulama, tokoh masyarakat dan anak-anak panti asuhan, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Jumat (2/12).

Makan bersama tersebut, dalam rangka syukuran peringatan hari jadi Kabupaten HSS 2 Desember 2016 yang ke-66 dengan menyajikan menu makanan nasi pundut dan lapat.

Sebelum makan bersama, Bupati didamping Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS HM Ideham, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, memotong nasi tumpeng.

Panitia Pelaksana Fathurrahman mengatakan, kegiatan syukuran dan doa bersama menyambut hari jadi kabupaten HSS digelar selama dua hari.

Hari pertama, makan bersama menyajikan makanan khas daerah, yaitu nasi pundut dan lapat dengan berbagai lauk-pauk, yang di sediakan oleh stan SKPD/BUMN/BUMD.

"Total makanan yang disediakan oleh stan SKPD sebanyak 11.600 porsi/undangan," ujarnya.

Hari kedua, menyajikan makanan serba pisang dengan berbabagi menu, diantaranya roti pisang, kolak pisang, pais pisang, lempeng pisang, dan lainnya.

"Hari kedua, makanan serba pisang disiapkan 5.800 porsi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan syukuran digelar sebagai wujud syukur, karena telah melaksanakan kegiatan pembangunan selama setahun.

Sebelumnya, kata bupati, jajaran pejabat Pemkab HSS telah menggelar makan bersama serentak di 11 kecamatan, di rumah warga miskin penerima bantuan, rumah sejahtera dan beras sejahtera.

Menurut dia, makan berasama dilakukan, agar seluruh masyarakat bisa merasakan dalam peringatan hari jadi kabupaten.

Dikatakan bupati, pihaknya akan terus mengupayakan mensejahterakan masyarakat, dengan melaksanakan pembangunan skala prioritas, seperti pemberian beras sejahtera dan pembangunan rumah sejahtera sampai 2016.

Diungkapkan bupati, setelah bantuan beras sejahtera dan rumah sejahtera diberikan, ada dua kalimat yang merekan sampaikan, yaitu tidur bisa nyenyak dan beribadah nyaman.

"Dua hal tersebut  sangat penting untuk diperhatikan, agar kedepannya pembangunan yang dilaksanakan bisa mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Usai makan bersama, bupati didamping wakil bupati, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, mengunjungi stan-stan SKPD/BUNM/ yang menyiapkan menu makan bagi masyarakat.

Berbahan Pisang

Menu makanan berbahan serba pisang pada syukuran hari kedua pada peringatan Hari Jadi ke-66 Kabupaten HSS,  Sabtu 3 Desember 2016, adalah usulan seorang staf Rumah Sakit (RS) Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

"Usulan menu makan serba pisang tersebut, disampaikan saat saya cek up ke RS Brigjend H Hasan Basry Kandangan," ujar Bupati HSS H Achmad Fikry, Jumat (2/12).

Diungkapkan bupati, seorang staf di RS Brigjend H Hasan Basry Kandangan bekerja sebagai pengambil darah. Kemudian, usulannya saya sampaikan kepada panitia pelaksana dan mendapatkan pesetujuan.

Ia menilai, usulah seorang staf tersebut sangat baik dan bermanfaat, karena bisa mendorong kembali agar masyarakat bisa menanam pisang, yang cukup berpotensi dikembangkan, seperti di Desa Tambak Pipi'i, Kecamatan Padang Batung.

Dikatakan bupati, dalam menerima usulah pihaknya tidak memandang jabatan seseorang, baik pejabat, staf atau biasa masyarakat.

"Jika, usulan atau sarannya baik untuk kemajuan daerah, maka akan pergunankan," ujarnya.

Bupati berharap, dengan syukuran hari kedua dengan menu makanan berbahan serba pisang, dapat mendorong masyarakat untuk mengembangkan pisang di HSS.

Selain itu, selama  menjabat sebagai bupati-wakil bupati,  pembangunan daerah diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Bila ada yang belum tersentuh dalam pembangunan, kami mohon maaf, karena keternbatasan dananya," ujarnya.

Pewarta: Fathurahaman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016