Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyebutkan pola pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) terinspirasi Komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Setdaprov Kalsel) di Banjarbaru.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengungkapkan hal itu saat "Ground Breaking" Gedung DPRD Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel gagas Pergub subsidi pangan

"Ketika Hari Pers Nasional (HPN) di Kalsel pada beberapa tahun lalu, Presiden Joko Widodo meninjau Komplek Perkantoran Setdaprov Kalsel di Banjarbaru," ungkap Paman Birin.

Sahbirin menuturkan Presiden Jokowi ingin membangun IKN di tengah hutan, seperti Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel.

Ke depan, Sahbirin menyatakan seluruh kegiatan Pemprov Kalsel terpusatkan di Banjarbaru.

"Karenanya semua kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah jajaran Pemprov Kalsel yang masih ada di Banjarmasin segera pindah ke Banjarbaru," tutur Sahbirin.

Baca juga: Ass I Setdaprov Kalsel : "Takam5" bisa jadi Jabodetabek

Contohnya, Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), serta Dinas Koperasi dan UKM berkantor di Banjarbaru.

"Insya Allah, pembangunan Kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalsel serta Kantor Badan Pengawas Pemilu Kalsel pada 2025," ucap Sahbirin.

Sejumlah instansi vertikal, seperti Korem 101 Antasari, Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) provinsi setempat juga sudah tersedia lahan pada kawasan perkantoran Setdaprov di Banjarbaru dengan total luas 500 hektare.

Sedangkan, Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama sudah dibangun di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Kota Banjarbaru tersebut.

Baca juga: Permasalahan lahan kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel diharapkan selesai 2022

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024