Lapsus HUT Ke 51 Tapin

Rantau, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tapin, terus berupaya meningkatkan berbagai bidang pembangunan, untuk meningkatkan kesejahteraan, salah satunya adalah pembangunan sektor pertanian dan tanaman pangan dalam arti luas.

Di bawah kepemimpinan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan wakilnya Ir Sufian Noor, berbagai pembangunan untuk mendukung pengembangan sektor pertanian terus dilakukan.

Salah satu sektor pembangunan yang mendapatkan perhatian besar dari pemerintah daerah adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, bukan hanya di perkotaan tetpi hingga ke pelosok desa.

Pentingnya pembangunan dan peningkatan kualiatas insfratruktur jalan dan jembatan, maka perbaikan jalan dan jembatan menjadi prioritas di masa kepemimpinan Bupati Arifin Arpan.

Bupati berpendapat, melalui peningkatan kualiatas jalan dan jembatan, akan sangat berguna dalam mendukung pembangunan berbagai bidang lainnya, terutama bidang pendidikan, bidang kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Pemerintah daerah pun terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jalan kabupaten baik itu jalan di perkotaan, atau di perdesaan hingga ke pelosok daerah dengan harapan berdampak positif pada tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan dari data dinas Pekerjaan Umum (PU), pemerintah daerah pada tahun 2016 ini telah melakukan perbaikan jalan sepanjang 617,15 kilo meter yang tersebar di 12 kecamatan dan pembangunan serta rehabilitas jembatan sebanyak 199 buah dengan total panjang 2486 meter.

Menurut Bupati, peningkatan infrastruktur jalan yang sudah beraspal saat ini secara presentasi sudah mencapai 85 persen.

Selain itu, pemerintah daerah juga melakukan penambahan jalan yang mencapai 100 kilo meter lebih yang awalnya 505 km menjadi 609 km yabg berlokasi di kecamatan Tapin Tengah, Binuang, Tapin Utara dan Tapin Selatan

Dengan kondisi jalan yang memadai, pemerintah daerah berharap mampu mewujudkan kehidupan masyarakat yang mandiri, sejahtera dan agamis sesuai dengan visi pemerintah daerah.

Maka dengan itu, guna mencapai visi tersebut, pemerintah daerah akan terus mengembangkan perekonomian yang bertumpu pada perluasan pembanguan insfratruktur perdesaan, dan perkotaan untuk pengembangan perekonomian masyarakat di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

Sementara untuk mendukung semua itu, pemerintah daerah selain mendapat pendanaan dari APBD namun juga bantuan dari APBN melalui program DAK (Dana Alokasi Khusus) dari pemerintah pusat.

Keberhasilan tersebut pun sudah sangat di rasakan oleh masyarakat Tapin, di antaranya Ismail warga desa Hiyung kecamatan Tapin Tengah yang sangat terbantu dengan adanya perbaikan jembatan di desanya.

"Dulu kami sangat berhati-hati kalau melewati jembatan di desa kami ini karna hanya terbuat dari kayu kayu ulin sehingga kalau melewatinya bergoyang, apalagi kalau membawa hasil panen padi," ujarnya.

Namun dengan kondisi jembatan yang sudah permanen, membuat para petani di desa tersebut leluasa menyeberanginya tanpa ada rasa takut lagi.

Pewarta: M.Husein Asy'ari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016