Badan Pangan Nasional (Bapanas) memberikan penghargaan pola pangan harapan (PPH) dengan skor 94,14 kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kamis, mengatakan Pemkab HST menjadi satu-satunya kabupaten di Kalsel yang mendapatkan penghargaan tersebut dari Bapanas karena mampu melampaui skor PPH di atas angka nasional (94,1).

Baca juga: Pemkab HST raih penghargaan pelayanan publik peringkat enam nasional

“Penghargaan ini merupakan wujud komitmen peningkatan kualitas keanekaragaman konsumsi pangan melalui capaian skor PPH 2023 dari Bapanas,” ujarnya.

Aulia menyebutkan penghargaan itu diberikan berdasarkan Keputusan Kepala Bapanas RI Nomor 53 Tahun 2024 tentang Penerima Apresiasi Capaian Skor Pola Pangan Harapan (PPH) Terbaik Tahun 2023 kepada pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

“Penghargaan diberikan kepada empat provinsi dan 51 kabupaten/kota dengan capaian angka PPH di atas skor PPH nasional,” tuturnya.

Menurut dia, penghargaan yang diterima Pemkab HST merupakan hasil kerja keras dari semua pihak dengan kolaborasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) beserta Kader PKK yang terus memperhatikan kualitas pangan di daerahnya.

Baca juga: Pemkab HST terima penghargaan soal campak dan polio dari Kemenkes RI

Aulia menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) sebagai pengampu urusan wajib ketahanan pangan yaitu dengan memastikan masyarakat memiliki akses pangan yang cukup, merata, dan terjangkau.

Ia menekankan, masyarakat harus memperoleh pangan yang cukup, beragam, bergizi seimbang, dan aman sehingga dapat hidup sehat dan produktif.

“Alhamdulillah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menjadi salah satu dari 51 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang mendapat penghargaan dari Bapanas, dan satu-satunya di Kalsel. Kami akan terus melakukan akselerasi untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah,” ujar Aulia.

Baca juga: Bupati HST terima penghargaan kelola zakat terbaik BAZNAS RI

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024