Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan memberikan bimbingan teknis penyusunan Metadata Statistik Sektoral.
 
Kepala DKISP Banjar Muhammad Aidil Basith di Kota Martapura, Senin mengatakan, kegiatan diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari satuan kerja perangkat daerah dan aparatur kecamatan.
 
"Bimbingan teknis diberikan kepada peserta agar mereka bisa menyusun data statistik sektoral dengan baik, benar dan juga lengkap sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan," ujar Basith usai kegiatan.
 
Menurut Basith, metadata adalah informasi yang memberi deskripsi atau gambaran tentang data yang mencakup asal data, struktur, format dan kapan dibuat serta diperbarui di waktu terakhir.
 
Basith menekankan, metadata statistik sektoral menjadi ukuran yang sangat penting agar lebih baik dan menjadi bahan bagi pimpinan mengambil keputusan diperoleh dari perangkat daerah dan kecamatan.
 
"Kami berharap peserta workshop mengikuti bimtek dengan baik agar memperoleh ilmu dan pencerahan dari narasumber sehingga dapat mengolah data yang benar, lengkap dan semakin baik," ucapnya.
 
Aidil Basith juga berharap data yang disajikan dapat ditampilkan dengan benar karena kesalahan data yang tidak lengkap atau tidak akurat dapat mengakibatkan kerugian baik bagi produsen maupun pengguna data.
 
Narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Banjar Eddy Erwan Nopianoor mengatakan, metadata statistik mencakup strategi, proses identifikasi kegiatan statistik dan monitoring metadata statistik.
 
"Manfaat metadata untuk mengukur kematangan penyelenggaraan dan strategi pembinaan statistik, meningkatkan tata kelola informasi, menyajikan data berkualitas dan memudahkan pencarian data," kata dia.
 
Dijelaskan Eddy, BPS berperan melakukan asistensi dilanjutkan produsen atau unit instansi yang menghasilkan data dan walidata (instansi pengumpul, pemeriksaan dan pengelola data menyusunnya secara mandiri.
 
Narasumber lainya berasal dari Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan Ernawati memberikan materi tentang jenis-jenis metadata statistik yaitu metadata kegiatan, variabel dan indikator.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024