Batulicin, (Antaranewskalsel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberikan bantuan 170 set "gillent" alat tangkap ikan kepada nelayan di "Bumi Bersujud".

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu H. Rahmad, di Batulicin, mengatakan bantuan alat tangkap jenis "gillnet" berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Alat tangkap ikan tersebut diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan tergabung dalam Koperasi Anugrah Berahasil Desa Sungai Lembu, Kecamatan Kusan Hilir," katanya.

Selain menyalurkan alat tangkap ikan berupa set "gillet" yang dananya bersumber dari APBN, DKP Tanah Bumbu juga berencana membagikan alat tangkap ikan jenis "gillnet" yang pengadaanya menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tanah Bumbu.

Nelayan penerima tergabung pada kelompok usaha bersama (KUB), di antarnya KUB Samudra, KUB Mandiri Bersatu, KUB Sinar Laut, KUB Berkat Usaha Mina, KUB Sumber Usaha, KUB Harapan Bersama, dan KUB Putra Kamasek Barokah.

"Masing-masing KUB mendapatkan alat tangkap ikan jenis "giilnet" sebanyak 36 set," tuturnya.

Menurunya pemerintah menyalurkan bantuan alat tangkap ikan kepada KUB bergerak pada sektor perikanan merupakan salah satu langkah nyata dari program tahunan pemerintah daerah dalam mengupayakan peningkatkan kesejahteraan nelayan di "Bumi Bersujud".

Penyaluran bantuan diberikan berdasarkan proposal dari masing-masing KUB yang telah diajukan kepada pemerintah daerah.

"Kedepannya dengan tersalurkannya bantuan alat tangkap ikan kesejahteraan nelayan Tanah Bumbu khususnya nelayan yang kurang mampu secara bertahap akan meningkat. Karena pengembangan sektor perikanan laut merupakan salah satu potensi ekonomi unggulan daerah di Tanbu," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016