Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dilamar atau sudah menerima pendaftaran sebanyak tujuh tokoh untuk maju pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
Menurut Ketua Penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota DPC PKB Kota Banjarmasin H Rahman Nanang Ridwan di Banjarmasin, Rabu, sejak dibuka pendaftaran pada 20 April 2024 hingga saat ini, sudah ada tujuh tokoh mendaftar diri ke partainya.
 
"Kami bel;um menutup pendaftaran," ujarnya.
 
Menurut dia, tujuh tokoh yang sudah mendaftar diri melalui online ke PKB itu sebagian kader PKB sendiri, sebagian dari luar partai.
 
Adapun dari kader PKB, yakni Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin Hilyah Aulia, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor, M Iqbal.
 
Sedangkan dari luar PKB, ungkap dia, mantan pejabat Pemkot Banjarmasin Mukyar, Anggota DPRD RI Habib Abdurrahman Bahasyim (Habib Banua), Ketua Golkar Kota Banjarmasin H Yuni Abdi Sulaiman HB.
 
"Satunya lagi Nurasyah Vardiana," ujarnya.
 
Menurut dia, seluruh tokoh yang mendaftar diri mengikuti uji kelayakan di DPP PKB.
 
"Ada empat tokoh yang sudah mengikuti uji kelayakan di DPP, yakni, Arifin Noor, Hilyah Aulia, Mukhyar dan Iqbal," ungkap dia.
 
Sementara itu, kata Nanang, yang belum dijadwalkan nantinya.
 
"Intinya semua diputuskan oleh DPP," ucapnya.
 
Menurut Nanang, PKB pada Pemilu 2024 ini mendapatkan lima kursi di DPRD Kota Banjarmasin, sehingga harus berkoalisi untuk memenuhi syarat sembilan kursi dewan untuk bisa mengusung pasangan calon.
 
"Konsolidasi antar partai juga kita terus jalin untuk suksesi Pilkada 2024 ini," demikian katanya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024