Bank Kalsel dengan bangga mengumumkan peluncuran Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan), sebuah inisiatif strategis dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di Kalimantan Selatan.

Pada keterangan tertulis yang diterima di Banjarmasin, Senin, disampaikan peresmian dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Wakil Walikota Banjarbaru Wartono, di Lapangan Murjani Banjarbaru.

Lebih lanjut diterangkan, program BEKANTAN tidak hanya sekadar sebuah upaya untuk memberikan pemahaman tentang lembaga keuangan dan produk perbankan kepada masyarakat,

Tetapi dengan mengusung konsep Kolaborasi dan Edutainment (edukasi entertainment), program BEKANTAN merupakan sebuah inovasi dalam model kegiatan yang dirancang untuk mendukung Program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada peluncuran program yang berlangsung pada Jumat (10/5) itu, Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin menjelaskan, BEKANTAN tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswa di seluruh Kalimantan Selatan.

“Melalui BEKANTAN, siswa-siswa tidak hanya mempelajari proses pembukaan rekening, tetapi juga langsung mempraktikkannya dengan melakukan penyetoran tabungan, pengecekan saldo melalui mobile ATM, dan menggunakan layanan mobile banking,” kata Fachrudin.

Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan yang optimal memiliki kontribusi positif terhadap kesejahteraan keuangan individu dan masyarakat. Untuk mewujudkannya dibutuhkan sinergi antara pemerintah, otoritas, dan lembaga jasa keuangan dalam melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan.

Dalam perjalanannya, Bank Kalsel telah menjalin kerjasama dengan hampir 100 sekolah dari berbagai jenjang di seluruh unit kerjanya.

Bahkan, Bank Kalsel telah berkolaborasi dengan salah satu sekolah di Banjarmasin dalam kegiatan Bank Mini, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan vokasi dan pembelajaran nyata tentang jasa keuangan.

“Keberhasilan pelaksanaan Program BEKANTAN tidak terlepas dari dukungan otoritas dan pemerintah daerah selama ini. Hari ini, Bank Kalsel dengan bangga meluncurkan Program BEKANTAN sebagai bentuk implementasi nyata dari literasi dan inklusi keuangan, yang sejalan dengan tujuan Program KEJAR dari OJK,” tutup Fachrudin.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024