Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan 2024 menyerukan remaja yang menjauhi penyalahgunaan narkoba dan menghindari perilaku seks bebas yang dapat menyebabkan HIV/AIDS merusak masa depan generasi muda.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST menggelar grandfinal pemilihan Duta Genre 2024 di Aula STAI Al-Washilah Barabai, Rabu, dan terpilih pasangan Juara 1 atas nama Muhammad Maulana dan Rizkya Mutiara Rani, Juara 2 Muhammad Fauzan Azhima dan Irma Nur Khasanah, Juara 3 Fajrianoor dan Siti Rahmah.

Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten HST Syahbidin mengatakan dengan jargon remaja yang bersih narkoba dan seks bebas, akan tercipta generasi muda yang berkualitas pada masa yang akan datang melalui pendidikan, pengembangan minta dan bakat, pekerjaan, hingga rencana berkeluarga.

“Saya minta Duta Genre yang terpilih dapat berperan aktif memberikan edukasi kepada teman-teman sebaya agar kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak dapat dicegah dan dihentikan,” ujarnya.

Syahbani berharap para pemenang dapat menjadi role model bagi generasi muda dan berkontribusi dalam program-program sosial, khususnya yang berkaitan dengan pencegahan stunting, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.

Pemilihan Duta Genre di Hulu Sungai Tengah yang mengangkat tema “Genre Keren, Visualisasikan Cita-Cita, bersama Petakan Masa Depan Terencana”, diharapkan para peserta menjadi teladan serta motivator bagi kalangan remaja yang akan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. 

Pada pelaksanaan grandfinal diikuti oleh 22 peserta yang merupakan perwakilan tiap kecamatan, masing-masing mengirimkan dua orang (satu putra, satu putri), dan dinilai oleh lima orang dewan juri.

Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Genre HST 2024 Masitah mengatakan program ini merupakan upaya untuk menyiapkan kehidupan berencana bagi remaja sebagai langkah percepatan penurunan stunting serta pembentukan karakter generasi muda yang sehat, berprestasi, dan berakhlak mulia.

“Pemilihan Duta Genre dilaksanakan mulai pada 22 April hingga 8 Mei 2024 melalui berbagai tahapan, mulai dari pendaftaran, pembekalan, seleksi hasil pembekalan, hingga terlaksananya grandfinal,” ujar Masitah.

Turut hadir dalam acara Grandfinal Pemilihan Duta Genre HST 2024, yakni perwakilan Ketua TP PKK HST, Ketua STAI Al-Washilah Barabai, Direktur PT AMML, perwakilan Bank Kalsel, seluruh Camat HST, dan Koordinator PKB beserta seluruh jajaran.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024